Sabtu 23 Nov 2019 00:20 WIB

Beragam Efek Buruk Saat Rambut Diikat Terlalu Kencang

Mengikat rambut terlalu kencang menyebabkan rambut jadi lepek, berminyak, dan gatal.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

CEKNRICEK.COM -- Mengikat rambut merupakan salah satu cara paling praktis. Saat sedang terburu-buru, banyak kaum hawa memilih cara seperti itu. 

Tapi tahukah Anda, mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan efek buruk. Berikut empat akibat yang bisa Anda alami. 

Rambut patah

Selain risiko rontok, mengikat rambut terlalu kencang ternyata bisa menghambat peredaran darah di kulit kepala, akibatnya rambut akan mudah patah. Bila Anda terbiasa mengikatnya, sebaiknya biarkan dulu rambut tergerai beberapa hari agar bisa bernapas bebas. 

Menghambat pertumbuhan rambut

Selain rambut rontok dan patah, mengikat rambut terlalu kencang juga akan menghambat pertumbuhan rambut. Hal ini menyebabkan rambut seperti tidak tumbuh dalam waktu yang lama. 

Sakit kepala

Bila rambut diikat dengan kencang berisiko mengalami pusing atau sakit kepala. Keadaan ini pernah dialami beberapa orang, karena aliran darah terhambat sehingga syaraf pada kulit kepala juga ikut terganggu. 

Baca Juga: 5 Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan Rambut

Jejak karet di rambut

Bila Anda ingin rambut tetap terlihat lurus seperti habis keluar dari salon, hindari mengikat rambut dengan kencang. Lebih baik, gunakan jepit atau aksesori yang longgar. Hal ini karena ikatan rambut akan meninggalkan bekas lekukan atau gelombang ketika rambut diurai. 

Selain beberapa efek di atas, mengikat rambut terlalu kencang juga menyebabkan rambut menjadi lepek, berminyak, dan gatal. Tidak jarang bahkan menyebabkan ketombe. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement