Jumat 15 Nov 2019 02:39 WIB

5 Kafe Kopi di Bandung Bergaya Vintage

Sumber Hidangan merupakan salah satu kafe yang tertua di Kota Bandung.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Belakangan ini, di Kota Bandung banyak bermunculan kedai kopi baru yang mayoritas mengadopsi gaya interior industrial nan modern. Warna monokrom putih dan abu dengan furnitur beraksen besi yang terkesan 'dingin' dan minimalis menjadi sesuatu yang 'instagram-able'.

Bila Anda adalah salah satu yang bosan dengan suasana kafe semacam itu, Anda dapat mencoba mengunjungi sejumlah kafe yang memiliki gaya interior vintage yang dapat memberikan pengalaman berbeda. Ayobandung.com merangkum lima tempat di antaranya :

1. Sumber Hidangan

Kafe ini bisa dibilang merupakan salah satu yang tertua di Kota Bandung. Berdiri sejak 1929, kafe yang menjual aneka roti 'jadul' ala menu Eropa, eskrim hingga masakan nusantara ini dulunya bernama "Het Snoephuis" atau "Rumah Manis".

Letaknya berada di Jalan Braga, berada tak jauh dari area pejaja lukisan. Karena telah beroperasi sejak zaman kolonial Belanda, tak heran interior Sumber Hidangan sangat vintage. Kursi dan meja-nya bisa jadi tak lagi bisa dijumpai di pasaran saat ini. Tak sekedar melalui interiornya, Anda juga dapat mencicipi berbagai kudapan zaman kolonial di tempat ini.

AYO BACA : 5 Kafe Favorit untuk 'Ngadem' Saat Kemarau di Bandung

2. Riijstafel Resto

Riijstafel secara harfiah dalam bahasa Belanda artinya "meja nasi". Riijstafel artinya menyajikan berbagai sajian makanan secara berurutan mulai dari hidangan pembuka ataupun penutup, dan menu yang disajikan adalah menu Nusantara.

Restoran Riijstafel terletak di Jalan Pasir Kaliki. Dari bagian depan bangunannya saja, nuansa vintage telah terasa. Di dalamnya tak jauh berbeda. Mayoritas furniturnya didominasi nuansa kayu cokelat yang memberi kesan hangat. Menu yang disajikan terbilang sangat lengkap, mulai dari makanan ringan, makanan berat hingga aneka minuman tradisional Indonesia.

3. Mr. Guan Coffee and Books

Tempat ini adalah salah satu dari sedikit kafe berkonsep "coffee and library" di Bandung--yang dulu sempat menjamur. Lokasinya berada di jalan Tampomas, tak jauh dari bilangan Gatot Subroto.

AYO BACA : 5 Kafe Hits di Bandung untuk Bridal Shower

Aksen jendela dan dindingnya sedikit banyak mengingatkan pada suasana sekolah warisan Belanda. Pemilihan warna cat dinding yang didominasi krem pudar dan hijau lumut hingga pemilihan furniturnya menjadikan suasana keseluruhan kafe ini terkesan vintage. Belum lagi, di dalam kafe ini juga tersedia rak berisi jajaran buku hingga pemutar piringan hitam. Menu yang ditawarkan cukup beragam dan didominasi menu western.

4. Roemah Kopi

Kafe ini terletak di Jalan Rancakendal, kawasan Dago Atas. Salah satu yang menjadi ciri khas adalah, selain aneka ragam menu kopi-nya, juga interior serba kayu-nya yang memberi kesan vintage dan tentram.

Belum lagi, pemandangan Kota Bandung dari ketinggian cukup terlihat jelas dari kafe ini. Suasananya romantis terutama di sore menuju malam hari. Anda dapat memilih duduk di sofa yang nyaman ataupun lesehan.

5. Kadaka Kafetaria

Kafe yang terletak di Jalan Patuha ini merupakan sebuah rumah tinggal dimana bagian garasi dan lantai dasarnya disulap menjadi kafe. Suasananya sangat vintage, mirip ketika Anda bertamu ke rumah nenek.

Di salah satu sisinya terdapat rak dengan tumpukan buku, serta sofa dengan aksen ukir. Ruangannya diterangi dengan lampu warna tungsten yang memberi kesan hangat. Meski suasananya 'jadul', menu yang ditawarkan adalah menu yang banyak digemari oleh anak muda saat ini, seperti es kopi hingga pizza aneka rasa.

AYO BACA : 4 Kafe Hits untuk Silaturahmi Keluarga di Bandung

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement