Kamis 14 Nov 2019 14:28 WIB

Joker Pamit dari Bioskop Tanah Air

Kebersamaan Joker (2019) dengan bioskop-bioskop tanah air yang dimulai pada 2 Oktober lalu, resmi berakhir pada Kamis (14/11).

Rep: Thomas Rizal (cek n ricek)/ Red: Thomas Rizal (cek n ricek)
Sumber: Warner Bross Pictures
Sumber: Warner Bross Pictures

Kebersamaan Joker (2019) dengan bioskop-bioskop tanah air yang dimulai pada 2 Oktober lalu, resmi berakhir pada Kamis (14/11). Menurut pantauan Ceknricek.com di tiga situs jejaring teater nasional, 21cineplex.com, Cgv.id dan cinemaxxtheater.com, hanya tersisa satu bioskop yang menayangkan Joker yakni di CGV Pacific Place, dengan waktu tayang hanya pada pukul 11.30 WIB.

Menurut catatan dari Boxofficemojo, Joker sukses meraup 13,5 juta dolar AS dari pasar bioskop Indonesia. Jika dikonversikan dengan nilai tukar 1 dolar AS sebesar Rp14.000, maka pendapatan film garapan Todd Phillips itu ialah sekitar Rp 190 miliar. Dengan asumsi 1 tiket rata-rata Rp 50.000, maka diperkirakan sekitar 3,8 juta masyarakat Indonesia telah menonton Joker.

Sementara secara global, Joker telah meraup 988,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 13,9 triliun. Rinciannya, 315,7 juta dolar AS atau sekitar Rp 4,4 triliun atau sekitar 31,9 persen total pendapatan Joker merupakan pendapatan domestik Joker di pasar AS. Sementara sisanya didapat secara internasional. Film ini juga menjadi film non Disney ataupun Marvel pertama di tahun 2019 yang melampaui angka pendapatan domestik sebesar 300 juta dolar AS.

Joker<a href= Pamit dari Bioskop Tanah Air" width="613" height="345" />
Sumber: Warner Bross Pictures

Tak hanya itu, Forbes juga mencatat bahwa film yang dibintangi Joaquin Phoenix itu kini menjadi film adaptasi komik dengan profit paling besar sepanjang masa. Joker sendiri menceritakan kisah Arthur Fleck (Phoenix) hingga transformasinya sebagai Joker yang merupakan rival abadi dari pahlawan terlaris DC Comics, Batman.

Baca Juga: Sebulan Diputar, Joker Hampir Tembus US$1 Miliar

Adapun biaya pembuatan film ini diestimasi sebesar 62,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 875 miliar. Artinya, film itu telah meraih keuntungan lebih dari 15 kali lipat dari modalnya. Jumlah keuntungan ini lebih besar dari film adaptasi komik lainnya, Venom (Marvel Comics) yang pendapatannya sebesar 854 juta dolar AS, dengan estimasi modal sebesar 90 juta dolar AS.

Joker Pamit dari Bioskop Tanah Air
Sumber: Warner Bross Pictures

Joker juga mengalahkan Batman (1989), yang disebut-sebut memiliki investasi sebesar 31 juta dolar AS dan meraup keuntungan hingga 411 juta dolar AS. Adapun Batman (1989) sendiri juga menceritakan persaingan antara Batman dan Joker, dimana Sang Pangeran Badut Kejahatan diperankan oleh aktor legendaris lainnya, Jack Nicholson.

Forbes juga mencatat Joker sebagai film dengan biaya produksi termurah ketiga yang mencetak keuntungan lebih dari 900 juta dolar AS secara global. Dua film lainnya ialah Bohemian Rhapsody (2018) dengan anggaran 52 juta dolar AS dan pemasukan sebesar 903,7 juta dolar AS, serta The Lion King (1994) dengan anggaran 55 juta dolar AS dan pemasukan 968,5 juta dolar AS.

Baca Juga: Apakah Benar Joker Membunuh Kekasihnya?

Sementara di Indonesia Joker telah pamit dari peredaran, di Amerika Serikat sendiri Joker masih ditayangkan di 2.806 bioskop. Pada akhir pekan lalu, Joker masih mencatatkan diri sebagai film yang meraup pendapatan mingguan terbesar keenam, yakni sebesar 9,2 juta dolar AS.

Joker Pamit dari Bioskop Tanah Air
Sumber: Warner Bross Pictures

Seandainya keuntungan Joker menembus angka 1 miliar dolar AS, maka Joker akan menjadi film DC Comics terlaris ketiga mengikuti The Dark Knight Rises (1,08 miliar dolar AS) dan Aquaman (1,15 miliar dolar AS). Joker sendiri telah memecahkan rekor sebagai film dengan kategori R (restricted atau terbatas) terlaris sepanjang masa, menggusur Deadpool (2016) yang memiliki pendapatan 782,61 juta dolar AS.

“Wow!! Terima kasih untuk para pemeran dan kru yang luar biasa, dan tentu saja para fans dari seluruh dunia yang melihat semua kebisingan dan menyaksikannya (beberapa ada yang lebih dari sekali)! Kami sangat bangga atas film ini dan atas semua pesan kalian yang luar biasa, yang membuat terasa lebih spesial. #Joker worldwide,” tulis sutradara film Todd Phillips dalam akun Instagramnya, @toddphillips1.

BACA JUGA: Cek SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement