Kamis 14 Nov 2019 01:50 WIB

Mesir Gali Mumi yang Diduga Berwujud Singa

Tim arkeolog sangat jarang menjumpai mumi singa selama penggalian

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Mumi/ilustrasi
Foto: Flickr
Mumi/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan bahwa para arkeolog telah melakukan penggalian mumi hewan yang berukuran besar. Kemungkinan, peninggalan bersejarah itu adalah mumi singa jantan atau singa betina.

Penggalian berlangsung di Saqqara, sebuah kota di selatan Kairo. Pada masa silam, situs pemakaman Mesir kuno itu merupakan nekropolis yang luas dan kini terkenal dengan piramida bertangga tertua di dunia.

Laman New York Post melaporkan, tim arkeolog sering menemukan mumi kucing selama penggalian, tetapi sangat jarang menjumpai mumi singa. Temuan kerangka singa pertama pada 2004 mengungkap status suci hewan itu pada zaman kuno.

Kementerian Purbakala Mesir menyatakan akan memperluas informasi penemuan pada konferensi pers lanjutan yang dilakukan berikutnya. Saat ini, tim tengah menjalankan pemindaian radar untuk menemukan peninggalan lain.

Beberapa waktu belakangan, Mesir berupaya meningkatkan promosi harta arkeologis. Cara itu diharapkan menghidupkan kembali sektor pariwisata yang lambat pulih akibat pemberontakan 2011 yang menggulingkan otokrat Hosni Mubarak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement