Selasa 12 Nov 2019 11:20 WIB

Derita Sinus? Sebaiknya Hindari Produk Susu

Produk susu dapat memperparah kondisi sinus.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Susu sapi
Foto: Pixabay
Susu sapi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Infeksi sinus merupakan kondisi menyakitkan yang timbul ketika rongga di dekat saluran hidung meradang. Infeksi sinus dapat menyebabkan sakit kepala, pembengkakan wajah, demam, batuk, hidung tersumbat dan masalah lainnya.

Hidup dengan sinusitis rasanya bisa sangat menjengkelkan. Seperti dilansir dari Indian Express, saat seseorang menderita sinusitis, sebaiknya hindari produk susu karena dapat memperburuk kondisi. Penderita sinusitis juga tidak boleh mengonsumsi anggur dan minuman beralkohol.

Baca Juga

Jangan menyiapkan grafik diet sendiri. Jika kondisi sinus Anda serius, tanyakan pada dokter.

Mereka mungkin meresepkan obat-obatan yang bisa membuat Anda sehat kembali. Sebagai gantinya, penderita sinus harus rajin meminum air.

Air membantu menjaga selaput lendir tetap lembab sehingga kelenjar sinus mudah keluar. Anda harus tetap terhidrasi jika ingin menahan infeksi, atau juga dapar mengonsumsi teh herbal dan sup.

Pastikan apa pun yang diminum mengandung lebih sedikit garam dan tanpa tambahan gula. Selanjutnya, makanan yang dikonsumsi harus kaya akan vitamin dan mineral.

Di antaranya, buah dan sayuran berwarna seperti stroberi, brokoli, paprika merah dan hijau. Makanan ini mengandung vitamin C, yang dikenal untuk melawan alergi minuman, pilek dan infeksi.

Anda juga membutuhkan banyak vitamin A dalam makanan untuk menjaga selaput lendir sehat. Seperti wortel dan ubi yang kaya beta karoten.

 

Selain itu, makanan yang mengandung seng di dalamnya, seperti kacang hitam dan makanan laut yang membantu mengubah beta karoten menjadi vitamin A. Makanan ini meningkatkan kekebalan dan meningkatkan tubuh melawan infeksi pernafasan.

Sisi lain, bumbu seperti jahe dan bawang putih mentah membantu tubuh melawan flu dan dingin. Jahe dapat diminum bersama teh.

Ini membantu rileks dan mengurangi saluran hidung dan membran yang tersumbat. Bawang putih sangat bagus untuk kesehatan paru-paru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement