Senin 11 Nov 2019 20:54 WIB

Ini Tanda Hubungan dengan Pasangan Sedang tidak Sehat

Hubungan yang tidak sehat akan merusak mental dalam jangka panjang.

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah
 suami istri (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
suami istri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dicintai oleh seseorang tentu adalah sesuatu yang menyenangkan. Tapi, apakah hubungan yang Anda jalani saat ini adalah hubungan yang sehat ?

Penting untuk mengetahui hal ini. Sebab, hubungan yang tak sehat akan merusak mental Anda dalam jangka panjang. Jika Anda sedang menjalani hubungan tak sehat, maka Anda harus meninggalkannya sesegera mungkin.

Baca Juga

Berikut lima tanda hubungan yang tak sehat sebagaimana dikutip dari laman pinkvilla.com, Senin (11/11).

Pertama, pasangan Anda enggan meminta maaf dan gemar menghakimi. Ia selalu menolak meminta maaf atas kesalahan yang ia lakukan. Bahkan, ia menolak mengakui bahwa dirinya salah dan malah membalikkan keadaan dengan menyatakan bahwa itu adalah kesalahan Anda.

Selain itu, ia juga gemar menghakimi atau menilai buruk orang-orang disekitarnya. Bahkan hingga hal-hal kecil. Dia juga kerap menghakimi Anda atas pengalaman masa lalu Anda dan saat ini, tapi di sisi sebaliknya ia enggan untuk menilai sikapnya sendiri.

Kedua, sikap tidak menghargai. Pertanda lainnya adalah ketika pasangan Anda tidak menghargai Anda dan bahkan keluarganya sendiri. Dia sulit menghargai orang lain, namun selalu meminta agar dirinya dihargai.

Ketiga, mengontrol dan melakukan kekerasan. Pertandanya adalah jika pasangan Anda selalu mempertanyakan apapun yang Anda lakukan dan ingin mengontrolnya. Bahkan ia ingin mengetahui setiap detail yang Anda lakukan dan kemanapun Anda pergi. Ia juga selalu berkomentar atas pakaian Anda dan dengan siapa Anda berteman.

Meski ia berupaya mengontrol Anda, namun ia menolak jika Anda ingin melakukan hal yang sama pada kehidupannya. Ia ingin punya akses pada setiap akun media sosial Anda, namun ia enggan memberikan akses akunnya pada Anda.

Tanda paling kentara tentu kekerasan. Baik itu kekerasan fisik maupun mental. Selain melakukan kekerasan, pertandanya adalah jika pasangan Anda tak percaya pada Anda. Hal ini akhirnya akan membuat Anda merasa bahwa diri sendiri sangat buruk dan merasa rendah diri.

Keempat, merahasiakan hidupnya. Pertanda selanjutnya adalah jika pasangan Anda merahasiakan banyak hal tentang masa lalunya dan bahkan juga yang terjadi saat ini. Ia menolak untuk mengungkapkan detail hidupnya.

Kelima, etika kerja yang buruk. Pertanda terakhir adalah jika pasangan Anda tidak memiliki etika atau tidak profesional dalam bekerja. Dia tidak menghargai pekerjaannya, bosnya, dan koleganya. Dia juga sering gonta-ganti pekerjaan karena selalu merasa tak puas dengan tempat kerjanya sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement