Senin 11 Nov 2019 17:31 WIB

Masjid Apung Ancol Dirancang Jadi Ikon Baru Jakarta

Jakarta segera memiliki masjid besar dan megah yang dirancang menjadi ikon baru Ibu kota.

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Jakarta segera memiliki masjid besar dan megah yang dirancang menjadi ikon baru Ibu kota. Namanya Masjid Apung Ancol. Sarana ibadah umat muslim ini direncanakan di bagian timur Pantai Ancol atau area yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai Ria.

Masjid yang dirancang di atas laut itu digagas PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol). Ground breaking Masjid Agung Ancol dilaksanakan, Sabtu (9/11). Masjid tersebut diharapkan sudah bisa dinikmati umat Muslim pada 2020 mendatang.

Dalam perencanaannya, Masjid Apung Ancol melibatkan salah seorang arsitek ternama Indonesia, Andra Matin. Dalam rancangannya, area masjid seluas 2.000 meter persegi itu mampu menampung hingga 2.500 jemaah.

Bangunan akan berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun Islam, serta jumlah salat wajib dalam satu hari. Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 Nabi yang dikisahkan dalam Alquran. Pada sisi luar masjid akan terdapat 6 buah minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman. 

Baca Juga: Sejarah dan Keistimewaan Masjid Kubah Emas

Desain masjid ini melambangkan perjalanan Agama Islam di Jakarta. Kiblat dan seluruh bangunan dirancang menghadap ke laut lepas. Sirkulasi udara dibuat terbuka agar hamparan angin laut menjadi penyejuk alami. 

Masjid Apung Ancol didesain sedemikian rupa agar dapat menjadi ikon baru Kota Jakarta. Tidak hanya itu, Masjid Apung Ancol juga akan menjadi sentral dari destinasi wisata dengan beragam lokasi bersejarah seperti di Kota Tua dan Kepulauan Seribu yang memiliki cerita sejarah Jakarta di masa lalu. 

"Kami harap Masjid Apung ini bisa memberikan pengalaman baru bagi pengunjung, serta dapat menjadi destinasi dan ikon baru Jakarta yang menjadi kebanggaan Kota Jakarta," ucap Teuku Sahir Syahali, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement