Ahad 10 Nov 2019 09:30 WIB

Gamaliel-Audrey: Kakek Kami Pejuang Kemerdekaan

Gamaliel dan Audrey Tapiheru mengenang kakeknya sebagai pejuang kemerdekaan.

Trio Gamaliel Audrey Cantika (GAC)
Foto: Youtube
Trio Gamaliel Audrey Cantika (GAC)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi kakak beradik Gamaliel dan Audrey Tapiheru selalu meresapi peringatan Hari Pahlawan tiap tanggal 10 November. Mereka mengungkapkan bahwa kakeknya adalah seorang pejuang.

"Dia benar-benar ikut perang kemerdekaanlah dan dia benar-benar istilahnya tumpah darah untuk memerdekakan Indonesia," ujar Gamaliel kepada Antara belum lama ini.

Baca Juga

Dua bersaudara tersebut mengatakan, kakek mereka ikut berjuang dalam perang Cirebon melawan Belanda. Mengenang perjuangan kakeknya itu, Gamaliel mengaku sedih melihat kecenderungan masyarakat saat ini yang dia nilai gampang terpecah belah.

"Cuman karena kepentingan-kepentingan tertentu, karena perbedaan-perbedaan yang sudah ada dari dulu, jadi ingat perjuangan Opa kami benar-benar pahlawan untuk keluarga kami dan juga untuk Indonesia," kata Gamaliel.

Lebih lanjut, Gameliel ingin masyarakat, terutama generasi muda Indonesia untuk mengisi kemerdekaan. Ia berharap masyarakat enghargai jasa-jasa pahlawan yang sudah terlebih dahulu memperjuangkan persatuan Indonesia.

"Aku pengen banget semua generasi muda yang "enak" hidupnya, sudah tidak ada perang melawan penjajah, bisa lebih mensyukuri dan menghargai perjuangan dan juga kerja keras untuk mempersatukan negeri kita," ujar dia.

Sementara itu, ditanya soal pahlawan mereka di dunia musik. Keduanya sepakat orang tua menjadi pahlawan mereka.

Ayah dan ibu keduanya, George Tapiheru dan Magdalena Christie, yang merupakan pecinta musik, membuat mereka mengenal dan menyukai musik.

"Dan itu, pahlawan paling pertama yang membuat kami mempercayai untuk menjalani karier ini. Mereka selalu mendukung," kata Audrey.

Musisi dan komposer Andi Rianto menjadi disebut pahlawan bagi Gamaliel dan Audrey di industri musik Tanah Air. Pemimpin Magenta Orchestra itu merupakan orang pertama yang membuat keduanya tampil di atas panggung profesional.

Dalam konser Magenta Orchestra yang tayang di televisi nasional pada Agustus 2010, Gamaliel dan Audrey menjadi salah satu artis pengisi. Konser tersebut dihadiri oleh sejumlah penikmat musik, salah satunya penyanyi Titi DJ, yang memberikan standing ovation pada penampilan mereka berdua.

"Mas Andi Magenta Orchestra, Mbak Titi yang waktu itu nonton performance pertama kami, sampai kami diundang ke konser dia juga, jadi benar-benar banyak banget orang-orang yang percaya sama kami, padahal waktu itu kami istilahnya masih cimit-cimit," ujar Gamaliel.

Penghargaan tersebut, menurut Gamaliel, sangat  berarti bagi dirinya dan Audrey. Keduanya jadi lebih percaya dengan karya-karyanya serta kualitas dirinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement