Kamis 14 Nov 2019 05:28 WIB

Tip Memotret Momen di Pantai

Gunakan garis cakrawala sebagai patokan kemiringan foto.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Anda suka memotret saat liburan di pantai? Tentu yang Anda inginkan foto yang diambil harus berkualitas bagus dan jelas. Namun, untuk dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik dan enak dipandang, kita harus memahami beberapa tips dan teknik memotret. Berikut 3 tips memotret dengan kualitas terbaik saat berlibur di pantai.

1. Hindari Mengambil Foto Saat Siang atau Ketika Cahaya Terlalu Terang

Foto yang dihasilkan saat terdapat banyak cahaya mungkin terlihat jelas, tapi detail dari keindahan pantai biasanya tidak akurat. Apalagi jika Anda hanya membawa atau memiliki kamera dari smartphone.

Datanglah ke pantai saat pagi hari sebelum jam 9 atau menjelang senja sekitar jam 3 ke atas. Akurasi antara warna pasir, air laut, langit dan objek akan seimbang sekalipun hanya menggunakan kamera ponsel.

AYO BACA : Foto Jadul Tito Karnavian Beredar, Netizen: Gantengnya Diformalin

2. Atur Shutter Speed dan Gunakan Teknik Low-Speed

Pengaturan atau teknik ini dilakukan saat Anda ingin memotret ombak sebagai objek utama. Ombak datang dengan ukuran dan kecepatan berbeda-beda sehingga Anda perlu teknik agar gambar yang dihasilkan dapat maksimal.

Pertama-tama, waktu terbaik untuk memfoto ombak adalah saat cahaya redup atau ketika sunset dan sunrise. Lalu atur ISO ke pengaturan terendah, naikkan aperture ke f/22 atau tertinggi, dan atur exposure di +0,3. Jika foto yang dihasilkan blur, Anda dapat mengatur ulang aperture ke f/10 atau naikan ISO ke 200 atau 400.

3. Gunakan Garis Cakrawala Sebagai Patokan Kemiringan Foto

Salah satu hal yang menyulitkan saat memotret di luar ruangan atau outdoor adalah bagaimana kita menjaga keseimbangan dan kemiringan foto. Ketika Anda menjadikan pantai atau laut sebagai latar belakang, perhatikan garis cakrawala atau ujung laut. Bantu juga dengan menyalakan fitur grid pada kamera yang digunakan untuk mempermudah Anda.

AYO BACA : Via Vallen Unggah Foto Nyaris Cium Pipi Ronaldo

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement