Ahad 03 Nov 2019 11:13 WIB

Atasi Rambut Rontok Dengan Masker Bahan Alami 

Penyebab rambut rontok beragam mulai paparan polusi, produk sampo hingga stres.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Mengikat rambut terlalu kencang dan keramas terlalu sering memang bisa memicu kerontokan.
Foto: EPA
Mengikat rambut terlalu kencang dan keramas terlalu sering memang bisa memicu kerontokan.

CEKNRICEK.COM -- Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Namun, dalam banyak kasus rambut kerap terkena masalah ketombe, kering dan rontok. Kerontokan rambut bahkan menjadi masalah yang paling sulit diatasi.

Penyebab rambut rontok sangat beragam, bisa karena terkena paparan polusi, produk sampo yang tidak cocok, hingga stres. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut lima resep masker alami untuk mengatasi rambut rontok.

Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa dijadikan untuk hair mask. Kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh dipercaya mampu menguatkan rambut sampai ke akar-akarnya. Caranya, ambil dan oleskan minyak zaitun secara menyeluruh pada rambut sambil memijat-mijatnya. Lakukan selama kurang lebih tiga menit, kemudian bilas dengan air bersih sampai dirasa tidak ada minyak yang tertinggal.

Telur

Selain baik untuk dikonsumsi, kandungan vitamin A dan B12 yang ada di dalam telur juga bagus untuk menguatkan akar dan mengurangi risiko kerontokan pada rambut. Cara membuat masker telur pun juga terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur satu buah telur dengan perasan jeruk lemon dan dua sendok makan minyak zaitun. Setelah tercampur rata, Anda bisa oleskan pada rambut dan diamkan hingga 15 menit. Bilaslah dengan sampo dan air bersih. 

Oatmeal

Tidak hanya dapat mengatasi kerontokan pada rambut, tapi berbagai macam kandungan yang ada di dalam oatmeal dipercaya mampu mengurangi rasa gatal serta menyerap minyak berlebih pada kulit kepala. Caranya, Anda tinggal mencampur satu sendok teh oatmeal dengan susu dan minyak zaitun. Aplikasikan secara merata pada rambut, lalu diamkan selama beberapa menit untuk hasil yang lebih maksimal.

Madu

Tak banyak yang tahu, madu dikombinasikan dengan bawang bombay diyakini ampuh untuk membuat rambut jadi tumbuh lebih cepat tebal dan berkilau. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampur 1/4 bawang bombay dengan satu sendok makan madu. Aplikasikan secara menyeluruh pada rambut dan tutupi dengan shower cap hingga semalaman, lalu bilaslah sampai bersih. 

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Rambut Dengan Makanan

Kemiri

Sejak zaman dahulu, kemiri memang dipercaya menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengatasi masalah pada rambut, termasuk kerontokan. Untuk membuat masker kemiri, Anda hanya perlu membakar buah kemiri hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Setelah itu tumbuk hingga halus, dan mulai aplikasikan secara menyeluruh pada rambutmu. Tunggu selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk membuat rambut Anda tumbuh semakin kuat dan sehat.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini 

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement