Selasa 05 Nov 2019 21:11 WIB

Menikmati Pagelaran Seni Budaya di Balai Kota

Balai Kota jadi simbol rumah warga Jakarta.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Pemprov DKI Jakarta
Foto: Pemprov DKI Jakarta

CEKNRICEK.COM -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta memastikan penyelenggaran Pagelaran Seni Budaya Balai Kota, akan diadakan rutin setiap bulan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, pagelaran itu digelar untuk menunjukan bahwa Balai Kota DKI Jakarta bisa menjadi ruang publik yang dapat diakses oleh warga Jakarta.

"Balai Kota ini simbol rumah warga Jakarta, mereka bisa datang untuk menikmati hiburan seni budaya. Kebetulan yang pertama kita tampilkan seni budaya Betawi, nanti yang lain. Jakarta ini kan rumahnya Indonesia," ujar Edy, beberapa waktu lalu.

Edy menjelaskan, tujuan pagelaran ini agar kota Jakarta bukan hanya menjadi kota yang maju tapi juga warga yang bahagia. "Kebahagian warga bisa diraih di antaranya dengan menyaksikan hiburan atau pentas seni budaya yang tampil di ruang-ruang ketiga," kata Edy.

Menurut Edy, Pemprov DKI Jakarta menyediakan banyak ruang publik. Ruang publik itu tidak boleh kosong, harus diisi dengan kegiatan seni dan budaya di malam hari. 

"Ruang publik ini menjadi tempat interaksi komunikasi antar warga kota, warga perlu untuk bahagia hidupnya. Ini salah satu wujud misi Maju Kotanya dan Bahagia Warganya," ungkap Edy.

Baca Juga: Mengintip Pameran Foto Tema Ruang Ketiga di Balai Kota

Para penampil di pagelaran ini adalah seniman atau peserta pelatihan Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) dan sanggar-sanggar di Jakarta. Mereka akan tampil bergantian karena pagelaran ini akan diadakan rutin sekali dalam sebulan. 

"Dinas Pariwisata dan Kebudayaan punya banyak PPSB di lima wilayah kota yang setiap melatih warga Jakarta yang punya minat seni dan budaya," kata Edy. 

Ia menambahkan, melalui PPSB peserta diberi pelatihan oleh instruktur yang berkompeten secara gratis. "Setelah berlatih dan memiliki kemampuan atau keterampilan cukup, mereka kita fasilitasi untuk pentas atau manggung. Salah satunya di Pagelaran Seni Budaya Balai Kota ini," tutup Edy.

BACA JUGA: Cek AKTIVITAS KEPALA DAERAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya