Kamis 31 Oct 2019 11:01 WIB

Kesalahan Saat Masak yang Merusak Makanan

Menambahkan garam hingga memasak terlalu matang cuma sebagian kesalahan masak.

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Memasak di dapur.
Foto: Max Pixel
Memasak di dapur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat hidangan yang lezat menjadi keinginan banyak orang, khususnya Anda yang gemar memasak. Tapi ada beberapa hal yang seringkali dilakukan, padahal sebenarnya perlu dihindari saat memasak karena akan membuat santapa menjadi tidak lagi nikmat.

Menambahkan garam terlalu banyak

Baca Juga

Menambahkan terlalu banyak garam ke makanan tak hanya membuat Anda merasa ingin meminum lebih banyak air karena perasaan kesat di lidah, namun juga sangat tidak sehat. Lebih baik tambahkan hanya sedikit garam saat memasak dan cicipi untuk mengetahui kapan telah mendapatkan rasa yang pas.

Ingat, koki profesional pasti tidak akan pernah menaburkan garam yang berlebihan utnuk menghasilkan kelezatan dalam masakan.

Tidak menyaring tepung

Sebelum digunakan untuk membuat masakan apapun, saringlah tepung terlebih dahulu untuk memastikan bahwa seluruh tekstur yang ada di dalamnya akan halus. Jika tidak, biasanya terdapat tekstur seperti benjolan.

Benjolan sering menjadi masalah saat Anda membuat jenis saus tertentu. Jika telah terlanjur, gunakan blender untuk menghaluskannya.

Pasta yang terlalu matang

Pasta yang lembek karena terlalu matang bisa menjadi masakan yang sangat dihindari banyak orang. Jika Anda telah membuatnya terlalu matang, lebih baik rendam pasta terlebih dahulu dalam air dingin selama beberapa menit untuk memperbaiki teksturnya.

Jika tetap tidak terlalu nikmat, disarankan untuk menambahkan ke sup alih-alih menyajikannya dengan saus bolognaise.

Terlalu banyak air di nasi

Menambahkan terlalu banyak air ke nasi saat memasak bisa membuatnya menjadi terlalu basah. Namun, jangan khawatir karena ini tak akan membuat nasi sepenuhnya hancur berantakan.

Ada ide yang dapat dicoba seperti menambahkan udang atau daging yang sudah dimasak di dalamnya, kemudian goreng dengan wonton dan kukus. Ini akan menjadi hidangan baru yang nikmat.

Lupa mengaduk

Jika Anda lupa mengaduk masakan seperti sup, bagian bawah wajah dapat terbakar dan menjadi hitam. Cara untuk mengatasinya adalah pisahkan bagian yang belum gosong dan pindahkan ke panci yang baru.

Pastikan untuk melakukannya segera. Karena jika terlambat, maka itu akan merusak rasa hidangan secara keseluruhan, dilansir dari Reader's Digest.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement