Kamis 31 Oct 2019 05:36 WIB

Cara Fairuz A Rafiq Biasakan Anak Baca Alquran

Fairuz A Rafiq mengaku memang butuh sedikit memaksa agar anak terbiasa baca Alquran.

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari
Pasangan publik figur Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian
Foto: Republika/Umi Soliha
Pasangan publik figur Fairuz A Rafiq dan Sonny Septian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua biasanya mengharapkan anaknya bisa membaca Alquran dengan anak. Anak yang hafal Alquran bahkan bisa memberikan kebaikan bagi orang tuanya kelak di akhirat.

Begitu pun dengan figur publik Fairuz A Rafiq, ia menginginkan buah hatinya King Faaz Arafiq kelak bisa hafal Alquran. Fairuz mulai membiasakan buah hatinya untuk menghafal Alquran setiap hari.

Baca Juga

Menurutnya seperti ibadah lainnya untuk membiasakan memang perlu dipaksaaan untuk terbiasa melakukannya. Begitu pun saat membiasakan anak menghafal, mereka harus dipaksa agar seiring berjalannya waktu mereka terbiasa dengan ibadah yang mereka lalukan.

"Seperti itu juga aku memberikan pendidikan buat anak awalnya memang antara mau atau tidak namun di saat dia tahu itu baik untuk dia mereka akan terus melakukan," ujarnya di kawasan Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendidik buah hatinya menghafal Alquran. Bahkan, saat para orang tua masih belum mampu mengajarkan sendiri menghafal, mereka bisa memberikan fasiltas untuk anak, seperti mendatangkan guru ngaji.

Orang tua juga bisa memanfaat kan teknologi untuk memberikan pengetahuan agama untuk anak. Namun, ia mengatakan peran orang untuk mengajarkan anak secara langung sangat dibutuhkan untuk medidik anak.

Tidak hanya dilatih sejak dini menghafal, Fairuz bercerita anaknya pun mulai diwajibkan untuk menjalankan shalat wajib lima waktu. Bahkan, saat anaknya masih tertelap tidur, ia harus tega membangunkan anaknya untuk mejalankan shalat subuh.

"Faaz umurnya sudah tujuh tahun, sama suami Faaz juga dari shalat subuh sudah dibangunkan untuk shalat. Karena di saat umur delapan tahun sudah menjadi kewajiban. Anak sudah harus ikut apa yang agama wajibkan dan sunahkan," ungkapnya.

Usaha yang dilakukan untuk anaknya selam ini pun telah membuahkan hasil, ia mendapatkan laoran dari sekolah Faaz jika setiap  hari Jumat anaknya selalu menyuarakan adzan karena tepat melafalkan kalimatnya dan suaranya juga merdu. Tak, hanya itu saat mengaji pun Faaz pun sudah mengikuti iramanya dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement