Rabu 30 Oct 2019 13:39 WIB

Sylviana Murni Tulis Buku Bareng Mantan None Jakarta

Buku mengulas kisah para mantan none DKI Jakarta.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Sylviana Murni
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sylviana Murni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- None DKI Jakarta 1981, Sylviana Murni, menggarap sebuah buku bersama rekan-rekan seperjuangannya. Buku berjudul 'Cerita, Cinta, dan Cita-Cita: Kumpulan Kisah None Jakarta (1981-2016)' itu secara resmi hadir untuk publik mulai Rabu (30/10).

Sylvi menyampaikan kepada Republika.co.id, Rabu (30/10), pembuatan buku merupakan inisiatif para None. Terbersit ide perlunya membuat buku mengenai kisah mereka agar gagasan dalam benak tidak luput begitu saja. Tidak sampai satu tahun, buku sudah rampung.

Baca Juga

"Dengan buku, semua ilmu tidak akan hilang, terlebih kami menginginkan adanya legacy berupa karya yang akan menjadi buah kenang-kenangan dan catatan sejarah untuk masa-masa selanjutnya," ucap perempuan yang dikenal dengan sapaan Mpok Sylvi itu.

Sebanyak 20 penulis adalah None Jakarta sejak 1981 sampai 2016. Beberapa nama di antaranya yaitu Lula Kamal, Fifi Aleyda Yahya, Andara Rainy Ayudini, Muthia Khanza, dan Yasmine Kurnia. Sylvi mengatakan, jalinan kekeluargaan membuat keakraban terjaga meski mereka berbeda masa.

Perempuan yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat itu yakin semua penulis menghibahkan waktu, tenaga, dan pikiran dengan total. Tulisan dan pengalaman tiap None unik, autentik, dan berkualitas dengan caranya masing-masing, seolah memperkenalkan diri ke pembaca.

Terpilih sebagai None menjadi kebanggan bagi Sylvi. Dia bisa ikut andil menjaga dan melestarikan kebudayaan Betawi. Banyak hal yang dia pelajari karena Abang None Jakarta dibekali keilmuan seperti  psikologi, public speaking, bahasa Inggris, kewirausahaan, dan pengetahuan umum lannya.

 

Dengan menjadi None Jakarta, Sylvi merasa kian percaya diri, lebih mandiri, dan berpikir bijaksana. Putri asli Betawi itu semakin mencintai kearifan lokal, juga membangun jaringan yang luas karena dapat  bertemu para elite, mulai dari tingkat lokal, nasional, hingga internasional.

Dia berharap masyarakat semakin mengenal None yang merupakan duta dan public relation bagi DKI Jakarta. Cara mudah melakukannya tentu dengan membaca buku 'Cerita, Cinta, dan Cita-cita: Kumpulan Kisah None Jakarta (1981-2016)'.

"Harapannya buku  ini menjadi inspirasi para pembaca dan untuk generasi milenial yang ingin mengisi waktunya dengan hal-hal yang bermanfaat. Dengan membaca buku tersebut, tentu akan banyak menambah pengetahuan yang lebih luas," kata Sylvi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement