Selasa 05 Nov 2019 12:03 WIB

Queen Rilis Video dari Kompilasi Kiriman Penggemar

10.000 penggemar dari 120 negara berpartisipasi dalam produksi ketiga video Queen.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

CEKNRICEK.COM -- Band asal Inggris, Queen, bersama YouTube bekerja sama untuk menghasilkan video musik baru untuk tiga lagu klasiknya. Video ini merupakan kompilasi video yang dikirimkan penggemar.

Tiga video kolaboratif tersebut untuk lagu "Bohemian Rhapsody", "A Kind of Magic", dan "Don't Stop Me Now". Ketiganya sudah dirilis di kanal resmi Queen di YouTube pada Oktober lalu.

"Ini adalah salah satu hal paling berharga yang dapat terjadi pada seorang seniman dalam bentuk apa pun. Bisa melihat bahwa karya kami telah menginspirasi orang-orang di seluruh dunia untuk membuat pertunjukan mereka sendiri," kata gitaris Queen, Brian May, mengutip Variety, beberapa waktu lalu.

"Keragaman mereka sangat mencengangkan,'' katanya. ''Terima kasih banyak untuk semua yang berpartisipasi.''

Untuk membuat ulang "Bohemian Rhapsody," YouTube dan Queen mendorong penggemar untuk menampilkan sendiri lagu itu di rumah (self cover). Sedangkan, "A Kind of Magic" merupakan gabungan beragam seni visual yang dikirimkan oleh penggemar dari seluruh dunia.

Secara keseluruhan, lebih dari 10.000 penggemar dari 120 negara berpartisipasi dalam produksi ketiga video tersebut. Gagasan video kolaboratif dari penggemar ini bukanlah kali pertamanya dilakukan. Sebelumnya, banyak YouTuber yang membuat kolase rekaman amatir yang dijadikan satu.

Salah satu video kolaboratif yang paling populer adalah kumpulan self cover dari "Somebody I Used To Know" milik Gotye yang dikompilasi oleh sang musisi itu sendiri.

Album solo untuk Freddie Mercury

Sebelumnya, bertepatan momentum ulang tahun ke-73 vokalis grup Queen Freddie Mercury, Hollywood Records dan Mercury Records merilis boxset album solo penyanyi bernama asli Farrokh Bulsara itu. Boxset terdiri tiga keping CD berisi 32 lagu dan 12 video klip dalam satu DVD.

Freddie yang meninggal dunia saat berusia 45 tahun pada 1991 karena komplikasi AIDS, meninggalkan banyak hal untuk penggemarnya, temasuk syair dan lagu yang ia rekam secara solo.

Baca Juga: Biografi Freddie Mercury: Penyanyi Rock Legendaris Dunia

Rami Malek yang memerankan Freddie Mercury dalam film "Bohemian Rhapsody", mengatakan boxset album solo itu akan menginspirasi penggemar tentang makna perjuangan yang dilakukan Freddie untuk dirinya sendiri juga untuk Queen.

"Saya harap Anda bisa duduk dengan koleksi ini dan membiarkan musik, visual, dan kutipan dari kehidupan Freddie Mercury menginspirasi Anda, seperti saya juga," kata Rami Malek dilansir AFP.

Album "Never Boring" yang berisi 12 lagu, termasuk tembang "Love Me Like There’s No Tomorrow", menjadi salah satu karya inspiratif Freddie.

"Album 'Never Boring' membawakan sebagian jiwa Freddie dalam hidup Anda," kata Rami Malek. "Saya harap Anda ingat bahwa keunikan Anda adalah hadiah, dan apa yang Anda lakukan dengan hal itu adalah persembahan untuk dunia."

Rami Malek berharap, penggemar Freddie maupun Queen dapat mengambil hal positif dari jiwa sang vokalis yang selalu dapat tersenyum bahkan saat "di tengah badai".

"Saya harap seperti Freddie, Anda dapat tersenyum di tengah badai, fokus pada hal baik di balik kehidupan, bersikap berani dan yang paling penting, menjalani kehidupan yang tidak pernah membosankan," katanya.

Boxset itu bukan hanya menghadirkan musik dan video, melainkan juga buku berisi kumpulan foto yang belum pernah dipublikasikan, serta kumpulan kata-kata Freddie Mercury. 

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement