Selasa 29 Oct 2019 16:23 WIB

Pemkab Banyumas Luncurkan Wisata Safari Offroad Baturraden

Baturraden offroad ada beberapa jalur yang bisa dipilih wisatawan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani
Lokawisata Baturraden di Banyumas, Jawa Tengah.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Lokawisata Baturraden di Banyumas, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BATURRADEN -- Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama pelaku wisata, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur dan komunitas otomotif, meluncurkan paket wisata offroad di kawasan wisata Baturraden. 

''Paket wisata Safari Offroad Adventure Baturraden ini, kami harapkan makin menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Baturraden,'' jelas Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Asis Kusumandani, Selasa (29/10).

Peluncuran paket wisata offroad Baturraden, dilaksanakan Senin (28/10) sore. Peluncuran dilakukan langsung oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, yang langsung menjajal jalur offroad tersebut. Artis Yuke Sampurna yang merupakan bassist grup band Dewa 19 juga ikut menjajal track tersebut.

Sebagaimana jalur offroad wisatawan Merapi dan Bromo, paket safari offroad yang ditawarkan pada wisatawan Baturraden juga menggunakan mobil jenis jip. Namun Asis menyebutkan, di Baturraden offroad ada beberapa jalur yang bisa dipilih wisatawan.

''Untuk yang ingin sekadar fun trip, bisa memilih jalur yang tidak ekstrim. Namun bagi yang menyukai tantangan, bisa memilih jalur offroad yang kondisinya cukup ekstrem,'' katanya.

Jalur yang disiapkan untuk wisata safari offroad ini, menurut Asis, juga ada beberapa jalur. Untuk yang fun trip, perjalanan dimulai dari obyek wisata Wanawisata Baturraden, kemudian melalui jalur Bukit Pandang, BPPTU Baturraden dan berakhir di Hutan Pinus di Desa Limpakuwus Kecamatan Sumbang.

Sementara wsiatawan yang menyukai tantangan, jalur offroadnya lebih panjang, karena berangkat dari Wanawisata Baturraden dan berakhir di Desa Serang, Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. ''Panjang trip ini, sekitar 10 km,'' jelasnya.

Dia juga menyebutkan, selama perjalanan safari, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam sekitar Baturraden, berbagai makanan tradisional, hingga sensasi petualangan.

''Harga paketnya bervariasi, mulai dari Rp 350 ribu sampai Rp 650 ribu untuk tiga orang. Tergantung pilihan tingkat kesulitan jalur,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement