Senin 28 Oct 2019 17:46 WIB

5 Langkah Sebelum Berwisata Glamping

Meski tak serepot berkemah konvensional, tapi perlu ada persiapan berwisata glamping.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Glamping.
Glamping.

Ceknricek.com -- Wisata denga cara "glamping" kini menjadi salah satu pilihan liburan di era modern. Glamping sendiri merupakan perpaduan dari dua kata, glamour dan camping, yang bisa diartikan sebagai kegiatan berkemah kekinian. Beberapa orang menyebut glamping sebagai aktivitas mendekatkan diri dengan alam, tanpa merasakan susah payah seperti cara berkemah konvensional.

Saat ini sudah banyak sekali pengelola fasilitas glamping yang tersebar di berbagai daerah. Meskipun tidak harus melakukan persiapan serepot saat akan berkemah konvensional, tetap saja kita harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan berwisata glamping.

Berikut 5 tips sebelum melakukan wisata glamping

1. Perhatikan Cuaca

Meskipun glamor, tetap saja ini adalah kamping, yang berarti aktivitas yang dilakukan di alam terbuka. Maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengecek cuaca. Jangan sampai hujan turun saat kita sedang seru-serunya beraktivitas. Tenda yang basah pasti mengganggu kesenangan kita. Apalagi, acara api unggun dan lain sebagainya bisa batal digelar lantaran cuaca tidak mendukung.

2. Perhatikan Lokasi

Wisata glamping sudah tersedia di banyak tempat, dengan berbagai fasilitas bermacam-macam, yang tentu saja diikuti harga bervariasi. Hal lain yang harus kita perhatikan sebelum melakukan glamping adalah lokasinya. Pastikan lokasi yang kita pilih sesuai dengan acara yang sudah kita susun. Jangan sampai apa yang sudah kita rencanakan tak bisa diwujudkan karena lokasinya tidak memenuhi standar.

3. Perhatikan Pemandangan Sekitar

Sebelum mengambil wisata glamping, tak ada salahnya melakukan riset kecil-kecilan seputar lokasi di mana glamping berada. Pemandangan menakjubkan yang bisa kita nikmati selama glamping akan membuat pengalaman bergaul dengan alam menjadi lebih menyenangkan.

Baca Juga: Tips Memilih Hammock yang Aman Untuk Liburan

4. Perhatikan Kondisi Lahan

Tips ini sangat penting buat kita yang ingin memasang tenda sendiri untuk glamping. Pastikan lahan untuk mendirikan tenda memang bagus. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan keselamatan kita. Sebaiknya cari tempat yang permukaannya rata dan tidak terlalu dekat dengan sungai. Jangan karena mengejar pemandangan yang indah, keselamatan kita jadi taruhannya.

5. Bawa Perlengkapan Seperlunya

Setelah semua siap, pastikan untuk membawa barang yang akan kamu perlukan, tetapi jangan berlebihan. Pastikan membawa obat-obatan, P3K, selimut tambahan, lotion anti-nyamuk, dan perlengkapan dasar lainnya. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: ThomasRizal

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement