Selasa 29 Oct 2019 00:36 WIB

Christian Sugiono Asah Kemampuan Anak Dengan Mainan

Christian Sugiono merasa bahagia bisa menghabiskan waktu bersama anak.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Titi Kamal bersama suami, Christian Sugiono.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Titi Kamal bersama suami, Christian Sugiono.

Ceknricek.com -- Sebagai ayah dari dua orang anak, Christian Sugiono merasa bahagia bisa menghabiskan waktu bersama mereka. Tak jarang suami artis Titi Kamal itu menemani putranya, Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono, belajar atau bermain.

Menurut Tian --begitu Chrsitian Sugiono akrab disapa-- kedekatan antara ayah dan anak salah satu alasan untuk bisa mengenal masing-masing bakat dan minat si kecil. “Saat menemani anak bermain atau belajar, kita sebagai orang tua tidak hanya hadir di sebelah mereka, tapi ikut main dan menyelami permainan mereka,'' kata Christian Sugiono di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

''Dengan demikian, anak jadi mengerti bahwa orang tua tahu dan ngerti maksud mereka sehingga nyambung,'' katanya. ''Dari situlah kita bisa berkomunikasi secara terbuka.''

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Dengan interaksi itu, ia bisa memperhatikan keinginan, bakat dan minat anak. ''Kalau sekarang aku di tahap membawa dia ke arah mana, dia senangnya apa. Aku lihat dia senang kreativitas, dia senang sifatnya sains atau cara kerja sesuatu, dia arahnya ke situ. Aku beliin mainan yang sifatnya kreativitas dan sains, arahnya ke situ,'' katanya. 

Christian juga melihat minat Juna pada musik. Ia mendukung kemauan anaknya dengan mengeksplor berbagai alat musik. 

''Kalau si Juna (Arjuna Zayan Sugiono) sudah mulai kebaca arahnya ke mana. Di rumah kan ada piano dia main-mainin juga, dia sempat minta gitar, suka juga main drum atau simba, terus di ipadnya lagi senang banget main drum,” ucap Christian. 

Baca Juga: Erlangga Talent Week 2019 Cara Tepat Menggali Potensi Anak

Bagaimana dengan Kai Attar? “Kalau Kai senang banget tampil di depan kamera. Kalau misalnya dia jadi pusat perhatian, dia senang. Kalau Juna kebalikan, saat dia jadi pusat perhatian dia malu, kabur,” jawab Christian.  

Bagi Christian, apa pun minat dan bakat kedua anaknya, sebagai orang tua ia akan tetap mendukung untuk memilih apa pun yang disukai mereka. 

“Kalau suatu hari nanti Kai mendapat tawaran main film, why not? Aku punya prinsip memberi kebebasan yang anak-anakku. Aku akan support untuk melakukan apapun selama itu positif. Aku dan Titi sebagai orang tua, harus melihat arahnya ke mana. Jadi kalau si Kai mau akting atau apa, why not karena orang tuanya juga seperti itu,” tutup pria berusia 38 tahun itu. 

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement