Jumat 25 Oct 2019 17:45 WIB

Para Pakar Komentari Kelenturan Kaki Jokowi di Tangga Istana

Saat duduk di tangga Istana, kaki Jokowi tampak menyilang sedemikian lentur.

Perkenalan Kabinet Indonesia Maju. Presiden Joko Widodo tampak duduk dengan kaki menyilang saat mengenalkan jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).
Foto: Republika/ Wihdan
Perkenalan Kabinet Indonesia Maju. Presiden Joko Widodo tampak duduk dengan kaki menyilang saat mengenalkan jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cara duduk Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka pada Rabu (23/10) mendadak viral di media sosial. Warganet menganggap itu unik karena tak semua orang bisa menyilangkan kaki sedemikian lentur.

Mengapa kaki Jokowi bisa begitu? Pakar dari PPDS Kedokteran Olahraga Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Andhika Raspati mengatakan, Presiden Jokowi memiliki sendi pergelangan kaki dengan mobilitas yang baik.

Baca Juga

"Kalau mau menyebut itu kelainan hyperlaxity harus diperiksa dulu. Kalau lihat dari foto itu, menurut saya, Pak Presiden punya sendi ankle dengan mobilitas yang cukup baik," kata Andhika di Jakarta, Jumat.

photo
Perkenalan Kabinet Indonesia Maju. Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin saat mengenalkan jajaran Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).

Andhika mengatakan bahwa Jokowi terlihat memiliki mobilitas sendi ankle yang baik berkat otot betis yang cukup fleksibel.

"Itu terkesan tampak lentur mungkin karena Beliau rajin latihan fleksibilitas, misalnya latihan peregangan hingga yoga," kata Andhika yang merupakan dokter dari KONI DKI Jakarta.

Bagaimana dengan hyperlaxity? Andhika menjelaskan hyperlaxity adalah keadaan di mana sendi dapat bergerak di luar normal.

"Kondisi hyperaxity dapat meningkatkan risiko cedera sendi, terutama kalau tak didukung kekuatan otot yang baik," katanya.

Senada dengan dr Andhika, praktisi yoga Erikar Lebang mengatakan posisi duduk Presiden Jokowi yang fleksibel dimungkinkan akibat pergelangan kaki yang fleksibel.

"Persendian pergelangan kakinya fleksibel serta otot betis yang relatif sehat dan tidak kaku. Tapi efek bayangan juga warna sepatunya yang gelap pun bisa memberi efek visual derajat kemiringan yang fantastis tersebut," kata Erikar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement