Jumat 25 Oct 2019 01:33 WIB

Ingin Buat Video Kreatif TikTok? Ini Tip dari Kelly Courtney

Kelly Courtney yang jadi jawara kompetisi TikTok berbagi kiat membuat video kreatif.

Rep: Umi Soliha/ Red: Reiny Dwinanda
Pemenang kompetisi #TheNextStar Tiktok, Kelly Courtney
Foto: Republika/Umi Soliha
Pemenang kompetisi #TheNextStar Tiktok, Kelly Courtney

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wadah destinasi video pendek, Tiktok, sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk hiburan dan kesenangan saja. Aplikasi yang paling banyak diunduh di Playstore ini bisa juga digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat, seperti membuat tutorial, cara masak, atau tip dan trik.

Kelly Coutney, contohnya, memanfaatkan platform tersebut untuk mengembangkan bakat dan menggapai cita -citanya. Gara-gara menjadi kreator konten TikTok, ia pernah diundang untuk menghadiri perhelatan besar di Singapura sebagai wakil dari Indonesia.

Baca Juga

Pencapain Kelly yang terbaru adalah berhasil memenangkan tantangan #TheNextStar yang membuatnya merasakan pengalaman rekaman bersama band Kotak. Ingin membuat video kreatif?

Menurut Kelly, konten yang bermanfaat akan menarik minat orang untuk melihatnya. Kelly yang sering membagikan tutorial dance di akun TikToknya menganggap, yang perlu diperhatikan dalam membuat konten kreatif adalah keterampilan.

Kelly mengatakan, pembuat konten tidak harus menggunakan peralatan yang mahal. Dengan keterampilan yang mumpuni, kreator konten bisa menghasilkan sesuatu yang kreatif dan menginspirasi orang lain.

"Saat menari, contohnya, usahakan lakukan dengan totalitas. Kasih power, ekspresinya sesuai dengan lagunya, sehingga orang yang nonton kita tahu kalau kita punya skill, bukan sekedar bikin video senang-senang aja," ujarya saat pengumuman pemenang tantangan #TheNextStar Tiktok di Jakarta Selatan, akhir pekan lalu.

Selain itu, Kelly mengajak konten kreator untuk memerhatikan teknik dan detail pengambilan gambar, seperti menambahkan teknik sinematografi.

"Kalau mau bikin video yang kreatif kita harus punya rencana dulu sebelumnya. Mulai dari nentuin angle yang bagus, jenis videonya, dan sebagainya," kata perempuan kelahiran 1999 tersebut.

Pengguna juga bisa membuat video transisi karena teknik ini sangat menarik dan banyak disukai penonton. Caranya cukup mudah. Tetapi, pengguna harus memerhatikan pencahayaan agar kualitas gambar bagus. 

Selanjutnya, pilih filter yang pas. Langkah akhirnya adalah pengeditan. Menurut Kelly, perlu kesabaran dalam mengedit karena untuk menghasilkan video yang bagus kurang lebih memerlukan waktu tiga sampai empat jam.

Tips terkahir agar bisa terus berinovasi membuat konten dengan sering melihat sejumlah video yang dibuat kreator lain, baik dari kreator lokal dan luar negeri.

"Kalau cari inspirasi itu banyak banget sekarang di TikTok. Aku biasanya lihat video orang lain terus aku kembangin dan modifikasi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement