Kamis 24 Oct 2019 17:58 WIB

Obin Ingin Mendikbud Terbitkan Katalog Kain-Motif Indonesia

Obin berharap Mendikbud menerbitkan katalog kain dan motif asli Indonesia.

Pameran dan pagelaran wastra atau kain tradisional Indonesia di Den Haag, Belanda.
Foto: dok KBRI Den Haag
Pameran dan pagelaran wastra atau kain tradisional Indonesia di Den Haag, Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Soal kain Indonesia, perancang busana Josephine Komara punya harapan besar terhadap pemerintah melalui menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Obin, begitu ia biasa disapa, ingin ada katalog kain serta motif asli Indonesia.

"Saya berharap pemerintah lewat Mendikbud Nadiem Makarim dapat menerbitkan katalog berisi informasi kain Indonesia dan arti motif serta corak dari kain itu," kata Obin di Jakarta Fashion Week di Jakarta, Kamis.

Baca Juga

Obin menjelaskan bahwa hal itu penting karena banyak orang yang tidak mengetahui nama kain Indonesia, apalagi nama corak serta arti di balik corak tersebut. Obin mengatakan bahwa kain merupakan salah satu alat pemersatu bangsa Indonesia, karena meskipun baju yang dikenakan berbeda-beda, namun kain yang dikenakan tetaplah kain Indonesia.

"Bajunya ada kebaya, baju kurung, baju bodo, tapi kainnya tetap kain Indonesia. Apakah itu batik, tenun, atau ikat. Semua dipersatukan oleh kain," ujar pendiri rumah mode Bin House tersebut.

Lebih lanjut, Obin mengungkapkan bahwa sesungguhnya tidak masalah bila seseorang mengenakan kain Indonesia, namun tidak tahu arti di balik kain tersebut. Ia menganggap, memakai merupakan awal dari mengenal kain.

"Ya sebetulnya tidak apa-apa kalau mereka hanya memakai tapi tidak tahu artinya, karena dengan memakai baju atau kain Indonesia adalah satu permulaan," kata Obin.

Obin berpendapat, setelah seseorang mengenakan kain Indonesia, rasa ingin tahu orang tersebut mengenai nama dan arti motif dari kain yang dia kenakan akan muncul perlahan-lahan.

"Semisal Anda pakai kain atau baju, terus ada orang bilang, "Wah itu kan motif Sekar Jagad", nah orang yang pakai tentu jadi penasaran dan dia akan cari tahu nama dari motif itu, artinya belakangan," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement