Ahad 20 Oct 2019 12:16 WIB

Tips Aman Bersepeda Saat Musim Hujan

Anda harus cermat dalam bersepeda

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: ipapa.co.id
Foto: ipapa.co.id

Ceknricek.com -- Musim hujan telah tiba. Bagi Anda yang terlanjur bersepeda dalam kondisi hujan atau memang sengaja ingin menggenjot pedal saat turun hujan, berikut beberapa tips aman bersepeda saat hujan yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Mengontrol kecepatan

Anda harus bisa mengontrol kecepatan. Jangan terlalu terburu-buru dan terlalu cepat. Anda harus cermat dalam mengayuh sepeda dalam kondisi jalan yang serba terbatas. Apalagi jalanan yang dilalui basah dan mungkin saja banyak genangan.

Mengatur tekanan angin pada ban

Untuk melewati medan yang licin dan basah, Anda sebaiknya memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Ada baiknya menurunkan tekanan angin ban 15-20 psi dari biasanya agar ban lebih mencengkeram jalan.

Baca Juga: 7 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Selalu disiplin di jalan

Salah satu yang menentukan keselamatan adalah perilaku di jalan saat bersepeda. Tetap disiplin, walaupun kondisi trek jalan tidak seperti biasanya. Gunakan jalur yang sudah ditentukan dan tetap patuhi rambu lalu lintas. Usahakan agar Anda mudah dilihat oleh pengendara lain.

Bersihkan sepeda

Setelah digurur dan menerabas hujan, jangan lupa untuk selalu membersihkan sepeda dan melumasi rantai rodanya. Karena bila dibiarkan, air hujan akan membuat sepeda cepat berkarat dan mengakibatkan kerusakan. 

Perhatikan tata cara pengereman

Melakukan pengereman dalam kondisi cuaca hujan tidak bisa dilakukan seperti saat kondisi kering. Pengereman sepeda saat hujan biasanya memakan waktu lebih lama. Lakukan pengereman secara halus dan pelan-pelan agar kecepatan turun secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk menghindari berhenti mendadak di jalan basah.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement