Ahad 20 Oct 2019 03:31 WIB

Ini 5 Manfaat Lampu Garam untuk Kesehatan

Lampu garam terbuat dari bongkahan kristal garam.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Israr Itah
Lampu Garam
Foto: Tangkapan Youtube
Lampu Garam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan ini, lampu garam banyak digandrungi karena dipercaya memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Bahkan selebritas dunia seperti Gwyneth Paltrow, Kimmy K, dan Oprah dikabarkan menjadi salah satu pengguna lampu garam.

Lampu garam terbuat dari bongkahan kristal garam yang terbentuk di dasar laut jutaan tahun lalu dan ditambang dari kaki pegunungan Himalaya. Lalu apa saja manfaat lampu garam untuk kesehatan? Berikut penjelasannya seperti dilansir Women’s Health, Ahad (20/10).

1. Dapat membersihkan udara

Jika kamu memiliki riwayat asma, tentu ingin agar udara ruangan selalu bersih sehingga bisa melegakan pernafasan bukan? Nah, lampu garam ini memiliki kandungan yang bisa menyedot dan menyimpan polutan udara ke permukaan batu, sehingga bisa membuat sirkulasi udara menjadi lebih bersih dan bebas alergen.

2. Membantu bernafas dengan mudah

Selain mampu menarik polutan udara, partikel garam yang terdapat pada lampu garam juga dipercaya bisa membantu mengencerkan lendir dalam hidung saat sedang flu. Dengan begitu, kamu bisa bernafas dengan lebih lancar.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Lampu garam memiliki cahaya redup sehingga dipercaya mampu mengurangi tingkat stress seseorang. Agar tidur lebih nyenyak, kamu bisa menambahkan aromaterapi di kamar. Perpaduan yang sangat pas bukan?

4. Meningkatkan mood

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Karachi, Pakistan, paparan lampu garam dapat meningkatkan kadar bahan kimia serotonin dan triptofan dalam tubuh. Karena keduanya terkait dengan pengaturan suasana hati, lampu garam telah dikaitkan dengan berkurangnya gejala kecemasan dan depresi.

5. Meningkatkan relaksasi

Manfaat pengion garam yang ada pada lampu dipercaya bisa menenangkan sekaligus meningkatkan relaksasi seseorang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement