Selasa 15 Oct 2019 09:01 WIB

Langkah Penggunaan Sheet Mask yang Benar

Penggunaan sheet mask yang kurang tepat justru dapat menghilangkan manfaatnya.

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Ragam sheet mask yang tersedia di pasaran.
Foto: Republika/Adysha CR
Ragam sheet mask yang tersedia di pasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sheet mask memang merupakan salah satu produk perawatan wajah yang praktis untuk digunakan. Pengguna hanya cukup membuka kemasan dan menempelkan sheet mask pada wajah.

Meski tampak praktis, penggunaan sheet mask yang kurang tepat justru dapat menghilangkan manfaat dari sheet mask itu sendiri, atau bahkan memicu munculnya masalah baru. Penggunaan sheet mask terlalu lama misalnya, dapat membuat kulit wajah menjadi kering.

Baca Juga

Brand Representative Mediheal di Indonesia Vania Anisya mengungkapkan langkah pertama sebelum penggunaan sheet mask adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan toner pada wajah untuk menyeimbangkan kadar pH kulit wajah.

"Sebenarnya, tidak (pakai toner) juga tidak apa-apa," lanjut Vania saat ditemui di Sociolla Store Lippo Mall Puri, Jakarta.

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan sheet mask pada wajah. Pastikan penggunaan sheet mask tidak terlalu lama. Waktu ideal penggunaan sheet mask adalah 10-15 menit.

Dalam kemasan sheet mask biasanya akan terdapat sisa-sisa cairan esens. Cairan ini bisa diaplikasikan di area kulit lain seperti leher atau area kulit yang kering seperti siku.

Setelah 10-15 menit berlalu, sheet mask bisa dilepas dari wajah. Biarkan sisa cairan sheet mask yang masih menempel di wajah mengering.

"Itu tidak perlu dibilas, karena itu kan sebenarnya esens untuk kulit, bisa langsung ditimpa dengan kosmetik," ujar Vania.

Anjuran penggunaan sheet mask adalah sekitar 3-4 kali seminggu. Ada varian sheet mask yang bisa digunakan setiap hari, namun ada pula yang tidak dianjurkan untuk penggunaan setiap hari.

Pastikan bertanya atau berkonsultasi terlebih dahulu mengenai produk sheet mask yang diinginkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement