Selasa 15 Oct 2019 00:32 WIB

Pedati Kuno Ini Jadi Andalan Wisata Budaya Cirebon

Budaya purbakala menjadi salah satu andalan wisata budaya Kota Cirebon.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Budaya purbakala menjadi salah satu andalan untuk mendorong wisata budaya Kota Cirebon. Hal ini karena wilayah tersebut memiliki nilai sejarah yang bisa ditawarkan kepada wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik, mengatakan terdapat sejumlah destinasi wisata unggulan di Kota Cirebon juga sejumlah benda budaya peninggalan kuno.

"Destinasi wisata Kota Cirebon dapat dikembangkan dengan menitikberatkan pada kekuatan Kota Cirebon yaitu unsur budaya," kata dia saat ditemui di Bandung, Senin (14/10/2019).

AYO BACA : Kunjungan Objek Wisata di Cirebon Melonjak

Dia mengaku sudah melakukan dialog mengenai sejarah dan pengelolaan tinggalan purbakala, seperti peninggalan Ki Gede Pedati yang merupakan salah satu dari sekian banyak karya budaya dengan nilai historis tinggi.

Pedati Gede Pakaiangan merupakan sebutan untuk satu dari dua kereta besar pengangkut barang yang menggunakan sistem rakitan khas buatan tahun 1449 M. Pedati ini diakui sebagai karya yang berakar dari kebudayaan Cirebon.

Menurutnya, perencanaan dan pengembangan kawasan wisata budaya merupakan bentuk konkret dari pelestarian budaya. Manfaatnya, ada nilai-nilai pelestarian aset budaya yang bisa berfungsi lebih optimal untuk peningkatan dan pemahaman masyarakat.

AYO BACA : Wisata Cirebon: Ini Deretan Warisan Laksamana Cheng Ho di Cirebon

"Tapi ini juga harus diiringi dengan manajemen pengelolaan kebudayaan dan kepariwisataan yang baik," ucap dia.

Selain itu, kawasan wisata budaya bisa menguatkan regulasi dan penyusunan pondasi kebijakan yang mempermudah pelaku di industri kebudayaan dan kepariwisataan bersinergi dalam berkoordinasi.

Menurutnya, pengembangan wisata dengan pendekatan budaya dan sejarah bisa menumbuhkembangkan kekuatan budaya lokal dan ekonomi. Perpaduan pengelolaan secara terpadu pun bisa membuat sajian pertunjukan lebih variatif.

"Ini bisa membuat optimalisasi aset kepariwisataan dan kebudayaan sebagai langkah pemberdayaan masyarakat cepat tercapai," pungkasnya.

AYO BACA : Ini Tarif dan Rute Cirebon Tourism on Bus

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement