Ahad 06 Oct 2019 00:26 WIB

7 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan 

Kandungan serat buah pir sangat bagus untuk membantu pencernaan lebih baik.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Buah pir
Foto: Rakhmawaty/Republika
Buah pir

Ceknricek.com -- Bentuk buah pir terbilang unik, mirip lonceng besar dengan warna hijau atau kuning keemasan. Teksturnya mirip buah apel. Rasanya yang renyah, membuat buah pir digemari oleh banyak orang, bahkan sejak zaman dahulu.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa buah pir memiliki kandungan copper yang bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak jauh lebih baik. Pir juga kaya antioksidan, bebas lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, pir menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang tengah mengurangi berat badan.

Beberapa nutrisionis merekomendasikan pir sebagai salah satu buah yang terbaik untuk membantu mencegah dan mengurangi risiko beberapa penyakit. Berikut beberapa manfaat kesehatan makan buah pir, dilansir laman Boldsky, belum lama ini.

1. Tekanan darah

Peningkatan asupan serat membantu dalam menurunkan tingkat tekanan darah. Pir merupakan sumber yang kaya serat. Buah ini bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

2. Kolesterol

Pir tinggi kandungan serat jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. 10 gram saja dalam sehari membantu mengurangi tingkat kolesterol dan membuat Anda tetap sehat.

3. Sembelit

Buah berbentuk bulat ini membantu mencegah sembelit. Kandungan seratnya sangat bagus untuk membantu pencernaan lebih baik.

4. Berat badan

Buah ini juga mendorong untuk penurunan berat badan. Buah ini juga rendah kalori sehingga membuat perut kenyang untuk jangka waktu lama.

5. Diabetes

Buah pir membantu dalam menjaga tingkat gula darah dalam kontrol. Buah satu ini juga menurunkan risiko terkena diabetes.

6. Jantung

Asupan makanan yang kaya serat ini mengurangi risiko peradangan dan masalah yang berhubungan dengan jantung. Juga membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

7. Imunitas

Beberapa studi telah menyimpulkan bahwa makanan kaya serat membantu dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement