Selasa 01 Oct 2019 14:27 WIB

Ronal Jadi Moderator Kajian Komunitas Musisi Mengaji

Ronal dapat tambahan ilmu dengan jadi moderator kajian Komunitas Musisi Mengaji.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Ronal Surapradja
Foto: dok Republika
Ronal Surapradja

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah kesibukannya sebagai penyiar radio, artis Ronal Surapradja tampil sebagai moderator di acara yang dihelat Komunitas Musisi Mengaji di Jakarta Selatan, pekan lalu. Kali itu, kajiannya mengangkat tema seputar riba.

Ronal mengatakan bahwa selama ini ia tidak terlalu ambil pusing soal riba. Dia berkeyakinan uang yang disimpannya di bank bersumber dari yang halal.

"Tidak ada hasil korupsi karena kerjaan saya nggak ada korupsi-korupsinya. Kalau nggak kerja ya nggak dibayar saya mah," ungkap Ronal kepada Republika.co.id.

Selama ini, Ronal mengaku masih menggunakan layanan bank konvensional. Dalam kajian yang dimoderatorinya, Ronal pun mendapatkan tambahan ilmu mengenai riba. Ia memahami bahwa definisi mengenai riba berbeda-beda dari berbagai ulama.

"Ada ulama yang bilang riba itu haram, ada yang bilang grey area atau abu-abu, dan ada yang bilang enggak bila memang tidak mengeksploitasi," jelas Ronal.

Menurut Ronal, andaikan bunga pinjaman terasa eksploitatif, maka akan lebih baik menjauhinya. Ronal mengatakan, konsep syariah sangat luas tafsirannya, namun tetap ada koridornya. Ia mengatakan bahwa ada ahli-ahli yang menafsirkannya.

"Ketika kita meyakini sesuatu hal, ya bukan berarti yang lain itu salah. Kalau berpandangan yang lain salah, berarti kita kurang baca," tutur Ronal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement