Senin 30 Sep 2019 12:10 WIB

Matsutake Mushroom Cake, Kue Jamur Lembut di Lidah

Matsutake Mushroom Cake justru tidak dibuat dari jamur sama sekali.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Matsutake mushroom cake.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Matsutake mushroom cake.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jamur terkenal dengan proteinnya yang tinggi. Jamur biasanya dijadikan sebagai taburan piza, pasta atau makanan utama lainnya.

Lalu apa jadinya bila jamur dijadikan sebagai makanan penutup?

Baca Juga

Matsutake mushroom cake. mengkreasikan jamur sebagai hidangan penutup. Ia ingin menampilkan makanan khas Jepang namun dengan sentuhan modern. Jadilah ia membuat kue bernama matsutake mushroom cake.

Sesuai dengan namanya, kue ini berbentuk seperti jamur. Ada jamur besar berwarna cokelat dan jamur kecil berwarma putih. Jamur ini tumbuh di atas tanah seperti pada umumnya.

Makanan penutup disajikan dalam wadah mirip dengan pot. Tampilannya mirip sekali jamur yang tumbuh liar di hutan.

Chef Yuki mengungkapkan, sebenarnya ini bukanlah kue yang terbuat dari jamur. Tapi kue ini terbuat dari sponge cake yang dibentuk seperti batang jamur. Kemudian untuk kepala jamurnya, Chef Yuki membuatnya dari mousse cokelat. Rasanya begitu lembut di lidah dan manis.

Sementara untuk jamur putih yang kecil, terbuat dari gula. Rasanya juga manis. Untuk hamparan tanah hitam, terbuat dari remahan kue.

Uniknya, kue ini beraroma seperti jamur sungguhan. Selain lembut, tekstur dari kue ini juga ada yang keras seperti jamur putih dan tanah dari kue kering.

Kue ini adalah kreasi Chef Yuki yang khusus dibuat untuk acara When Jakarta Meets Japan yang diselenggarakan Hotel Fairmont Jakarta beberapa waktu lalu. "Di Jepang belum pernah ditemukan. Spesial untuk Indonesia," tambahnya.

Selain itu, ia juga membuat mactha tiramisu, wasanbon roll cake, sakura cherry blossom pannacota, yuzu tart dan mitarashi dango. Makanan penutup lainnya tak kalah menarik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement