Senin 30 Sep 2019 10:22 WIB

Abominable, Kisah Yi dan Yeti yang Menyentuh

Abominable suguhkan keindahan visual yang melebihi harapan.

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari
Film animasi Abominable.
Foto: Dream Works Animation via AP
Film animasi Abominable.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abominable berkisah tentang seoarang remaja Shanghai Yi (pengisi suara Chloe Bennet) yang masih berduka atas kematian ayahnya. Untuk menghilangkan kesedihan, ia berusaha menyibukkan diri dengan melakukan beragam pekerjaan dan menjauhkan diri dari ibu dan neneknya (Michelle Wong dan Tsai Chin).

Uang hasil bekerja ia kumpulkan untuk berkeliling ke tempat-tempat yang ayahnya ingin kunjungi dengan keluarganya sebelum meninggal. Setelah seharian bekerja, ia biasanya mengumpulkan uangnya di tempat persembunyian di atas apartemen.

Saat berada di atap ia bertemu Yeti yang melarikan diri dari ahli zoologi dan seorang kolektor hewan langka. Yeti yang diberi nama Everest adalah makhluk bertubuh besar, berbulu putih salju lembut dan bisa berubah jadi makhluk yang manja dan ganas setika.

Dreamwork yang mengarap film ini memvisualkan Everest dengan sangat menakjubkan terutama matanya yang terlihat sangat ekpresif. Sorotan matanya memberi arti bagi Everest yang nonverbal.

Yi dan Everest melakukan perjalanan ke tempat tertinggi di dunia, Himalaya untuk mengembalikan Everest ke keluarga dan rumahnya. Ia melakukan perjalan itu dengan dua temannya Jin dan Peng.

Bagian yang paling luar biasa dalam film ini adalah latar belakang tempatnya, yang menampilkan keindahan pemandangan di Shanghai. Pemandangan yang ditampilkan justru menjadi karakter yang kuat dalam film ini.

Unsur budaya dari Abominable merupakan bagian integral dari alur cerita. Mengingat, film ini adalah kerja sama antara Dreamworks dan Preal Studio (sebelumnya Oriental Dreamworks), bukan hal yang mngejutkan jika film ini didominasi dengan hal-hal yang berhubungan dengan China.

Selain latar belakang, yang tak kalah menakjubkan adalah latar musik yang membuat penonton semakin larut dalam film ini. Terutam saat Yi memainkan biolanya dengan penuh penjiwaan dan tulus dan diringi dengan senandung dari Everest.

Lagu Coldplay "Fix You" muncul dalam satu adegan yang sangat menyentuh. Suasana emosional, suara yang luar biasa dan animasi yang indah membuat film ini layak ditonton.

Abominable akan mulai tayang di bioskop Tanah Air 4 Oktober 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement