Ahad 29 Sep 2019 08:53 WIB

Tiga Gerakan Kardio HIIT Pembakar Lemak untuk Pemula

HIIT mengkombinasikan latihan intensitas tinggi dan sedang/rendah berdurasi singkat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nur Aini
Rutin berolahraga dan menjaga makan efektif menjaga kesehatan kardiovaskular.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Rutin berolahraga dan menjaga makan efektif menjaga kesehatan kardiovaskular.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Olahraga High Intensity Interval Training (HIIT) merupakan metode latihan kardio yang menggunakan kombinasi latihan dengan intensitas tinggi dan sedang/rendah dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi singkat, mulai dari 5 hingga 20 menit. Meski tidak menguras waktu banyak, HIIT dinilai efektif membakar lemak dengan cepat. Tak ayal, olahraga HIIT cukup tren di kalangan masyarakat urban.

Gerakan HIIT juga sederhana dan sangat mudah dipraktikkan di rumah. Tertarik untuk mencoba melakukan HIIT? Yuk simak tiga gerakan HIIT bagi pemula menurut personal trainer di pusat kebugaran BXR London, Dominic Jackson, seperti dikutip dari Guardian.

Baca Juga

1. Plank

Gerakan plank berfungsi untuk membangun dan membentuk kekuatan otot secara keseluruhan. Posisi plank yang benar adalah menjaga punggung tetap lurus, lebar tangan dan kaki seimbang agar posisi lebih stabil, serta tundukkan kepala agar otot leher tidak tertarik sekaligus bersifat relaksasi bagi otot leher.

2. Squat

Salah satu gerakan HIIT bagi pemula adalah squat. Untuk melakukan gerakan squat jumps, berdirilah dengan kaki selebar baju dan tangan ke arah depan. Tekuk lutut dan turunkan tubuh hingga mencapai posisi squat seperti posisi tengah berjongkok, kemudian lompat setinggi mungkin dan lakukan lagi untuk beberapa kali hitungan.

3. Mountain Climber

Gerakan lain yang bisa kamu coba yaitu mountain climber. Gerakan ini sebenarnya hampir mirip dengan push up. Pertama posisikan tubuhmu menyerupai meja seperti posisi sedang merangkak, lalu tarik kedua kaki ke belakang. Kemudian tekuk kaki kanan dan dorong ke arah dada, dan kembali ke posisi awal. Ulangi lagi dengan kaki kiri kamu, secara bergantian. Kamu bisa melakukan gerakan mountain climber selama satu menit agar bisa memberikan kontraksi pada bagian otot perut sehingga dapat membakar lemak dan kalori.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement