Jumat 27 Sep 2019 08:39 WIB

Kiat Push Up untuk Pemula

Melakukan push up yang benar tak semudah yang dikira.

Rep: Febryan A/ Red: Indira Rezkisari
Push-up sebelum bermain bola.
Foto: EPA
Push-up sebelum bermain bola.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Kebanyakan orang yang baru mulai berolahraga selalu berupaya untuk melakukan semua gerakan sebanyak mungkin. Salah satunya dengan push up hingga kehabisan napas, padahal yang terpenting adalah melakukannya dengan cara yang tepat.

Pelatih pribadi bersertifikat dan direktur kebugaran dari Fit2Go Personal Training, Dani Singer, mengatakan push up memang jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan, karena tak membutuhkan alat tambahan. Selain itu, push up tak hanya membentuk otot lengan, tapi juga dada, bahu dan perut.

Baca Juga

Meski demikian, melakukan push up yang benar tak semudah itu. "Anda kemungkinan melakukannya dengan cara yang salah. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang memuaskan, maka kuncinya adalah melakukanya dengan cara yang benar," kata Dani sebagaimana dikutip dari The Healthy.

Cara push up yang tepat, ujar Dani, adalah dengan membuat bagian punggung tetap lurus, termasuk ketika menurunkan badan ke bawah. Melakukan 20 gerakan push up tetapi punggung melengkung dan bahu membungkuk, maka tak akan membuahkan hasil. Bahkan cara yang salah ini bisa membahayakan tubuh sendiri.

Untuk itu, Dani menyarankan para pemula agar melakukan push up secara bertahap. Pertama, kuasai incline push up atau push up dengan tangan bertumpu pada sesuatu seperti kursi atau meja. Kuasai gerakan dengan melakukan 10 kali naik-turun setiap berolahraga.

Setelah menguasai jenis push up yang pertama, barulah beralih ke jenis push up yang biasa. Kuasai juga jenis gerakan ini dengan melakukannya sebanyak 10 kali naik-turun setiap latihan. Jika berhasil, tahap akhir atau untuk tingkat lanjut, push up dengan gerakan lambat adalah pilihannya.

Dani mengatakan, kebanyakan pemula tidak melakukan tahapan seperti yang ia jelaskan. Kebanyakan memulai dengan jenis push up lutut. Padahal, kata dia, jenis ini tidak berdampak banyak pada tubuh dan bahkan bisa mengakibatkan cidera pada bahu dan punggung.

Dani menyarankan, seorang pemula sebaiknya memang melakukan incline push up. Lakukan sebanyak 5 naik-turun sebanyak tiga set. Jadi 15 kali. Selain itu, pastikan melakukannya dengan cara yang tepat.

"Anda akan merasakan dampaknya pada keesokan harinya, yakni lengan Anda sedikit sakit tapi mulai ototnya mulai sedikit kencang," kata Dani.

Untuk selanjutnya, Dani menyarankan untuk meningkatkan jumlah push up. Mulai lakukan tiga set dengan enam kali naik-turun. Lalu kuasai tiga set dengan 10 kali naik-turun. Jika berhasil, barulah ganti ke jenis push up biasa.

Lakukan jenis push up biasa tersebut hingga mencapai tiga set dengan 10 naik-turun. "Ketika Anda mulai melakukan push up biasa dengan penuh, maka Anda akan melihat bagian lengan Anda lebih kencang," ucap Dani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement