Kamis 26 Sep 2019 03:46 WIB

Yuk, Bantu Hadapi Asap Kalimantan dengan Poin Traveloka

Penukaran satu poin Traveloka sama dengan satu masker N95 untuk anak dan dewasa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Traveloka
Foto: traveloka.com
Traveloka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan berbasis teknologi Traveloka mengajak para penggunanya untuk membantu masyarakat di Palangka Raya dan daerah Kalimantan Tengah lain yang kini sedang menghadapi kabut asap. Bantuan bisa diberikan melalui program Traveloka Tanggap dengan cara menukarkan poin Traveloka.

Para pengguna bisa turut berdonasi dengan menukarkan poin Traveloka pada aplikasi Traveloka. Penukaran satu poin Traveloka sama dengan satu masker N95 untuk anak-anak dan orang dewasa. Sedangkan penukaran 100, 250, atau 500 poin akan berkontribusi terhadap upaya pemadaman api, pendanaan pemasangan penyaringan udara di pos-pos perlindungan kabut asap, serta pendanaan untuk proyek eksperimen sistem penyarigan asap berbiaya rendah yang bertujuan mewujudkan Sekolah Aman Asap.

Baca Juga

Melalui bantuan ini, Traveloka tidak hanya berkomitmen memberikan solusi jangka panjang berupa penyaluran masker saja. Akan tetapi, Traveloka juga ingin memanfaatkan teknologi agar bisa menajdi solusi yang tepat guna untuk jangka menengah dan panjang.

Program Traveloka Tanggap ini sudah mulai diaktifkan sejak 25 September 2019 hingga 2 Oktober mendatang. Semua bantuan akan disalurkan untuk mendampingi masyarakat di Palangka Raya dan daerah Kalimantan Tengah yang saat ini sedang menghadapi bencana kabut asap. Beberapa daerah di Kalimantan Tengah lain yang turut menjadi sasaran bantuan adalah Barito Timur, Pulang Pisau, Barito Selatan dan Kotawaringin Timur.

"Saat ini, situasi di Palangka Raya sudah mengkhawatirkan dan kritis. Hal inilah yang mendasari kami mengaktifkan kembali program Traveloka Tanggap," ujar Public Relations Director Traveloka Sufintri Rahayu dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (25/9).

Sufintri mengatakan program Traveloka Tanggap memang khusus diadakan untuk mendampingi penyintas bencana. Program ini memanfaatkan platform Traveloka untuk menggerakkan para pengguna agar menukarkan poin mereka demi membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Kami berharap melalui inisiatif ini, setiap poin yang ditukarkan melalui aplikasi Traveloka akan menjadi dukungan yang bermanfaat dan bermakna bagi mereka," ujar Sufintri.

Untuk melancarkan proses distribusi bantuan, setiap donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui Ranu Welum, Borneo Nature Foundation dan Kopernik. Para pengguna yang ingin berpartisipasi dalam program Traveloka Tanggap bisa menukarkan poin mereka melalui aplikasi Traveloka.

Untuk menukar poin, pengguna cukup membuka aplikasi Traveloka dan mengeklik bagian Traveloka Tangap pada laman utama. Di laman Traveloka Tanggap, pengguna bisa memilih jumlah donasi yang diinginkan sebelum mengeklik tombol 'Tukarkan'. Setelah itu, pengguna akan mendapatkan pemberitahuan transaksi yang muncul di laman Kupon Saya serta pemberitahuan melalui surel.

Traveloka Tanggap merupakan salah satu program Traveloka terkait bantuan bencana yang dikemas untuk penanganan tanggap darurat yang telah diinisiasi sejak 2018. Hingga saat ini, Traveloka Tanggap telah diaktifkan untuk membantu penyintas bencana alam yang terjadi di Lombok, Palu, Donggala, dan Solok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement