Selasa 24 Sep 2019 05:15 WIB

JK Rowling Sumbang Miliaran untuk Multiple Sclerosis

Ibu JK Rowling meninggal akibat multiple sclerosis.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
JK Rowling (file photo)
Foto: AP
JK Rowling (file photo)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penulis novel seri Harry Potter JK Rowling telah memberikan sumbangan besar untuk penelitian perawatan multiple sclerosis. Sumbangan tersebut disalurkan pada sebuah pusat kesehatan yang dinamai mendiang ibunya Anna Rowling.

Sumbangan senilai 18,8 juta dolar AS atau setara dengan Rp 264,5 miliar akan digunakan untuk fasilitas baru di pusat penelitian yang berbasis di University of Edinburgh, Skotlandia. Ibu penulis cerita tentang dunia sihir ini menderita penyakit multiple sclerosis dan meninggal pada usia 45 tahun.

Baca Juga

Donasi yang disalurkan tersebut merupakan langkah lanjutan Rowling setelah memberikan sumbangan besar pada tahun 2010. Pada kesempatan tersebut, dana yang diberikan untuk memulai klinik Anne Rowling di universitas tersebut, dilansir dari Time, Selasa (24/9).

Rowling mengatakan, dia didorong oleh kemajuan yang telah dilakukan. Dia pun mengaku merasa bangga atas kerja yang dilakukan klinik itu. Tempat tersebut tidak hanya melakukan penelitian penting seputar masalah multiple sclerosis saja, tetapi, juga menyediakan dukungan di lapangan dan perawatan untuk orang-orang dengan masalah tersebut.

Perempuan berusia 54 tahun ini merupakan penulis terkaya setelah seri cerita Harry Potter meledak di pasaran. Buku-bukunya itu pun diadaptasi menjadi film yang berhasil menjaring pasar internasional.

Setelah kesuksesan tersebut, Rowling mengembangkan cerita dunia sihir dalam bentuk pertunjukan langsung pula. Bahkan, dia berhasil melahirkan seri buku lanjutan yang juga telah dibuat film, yaitu Fantastic Beasts.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement