Kamis 19 Sep 2019 21:07 WIB

Khasiat Kulit Buah Naga yang Perlu Diketahui

Buah naga disukai banyak orang karena dipercaya mempunyai kandungan menyehatkan

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Buah naga disukai banyak orang karena dipercaya mempunyai kandungan yang menyehatkan tubuh. Buah ini memiliki kandungan vitamin B, C, fosfor, kalsium, protein, captin, fiber, dan antioksidan.

Selain dagingnya, kulit buah naga ternyata mempunyai khasiat untuk kesehatan. Berikut 4 manfaat kulit buah naga.

Mengobati tumor

Kulit buah naga mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Ia bisa membantu mengobati tumor bila disajikan dengan minuman herbal. Caranya, Anda hanya perlu memotong kecil-kecil kulitnya, kemudian dijemur sampai kering. Setelah itu Anda seduh untuk dijadikan minuman herbal. Konsumsi seduhan kulit buah naga dua kali sehari secara rutin.

Melenturkan pembuluh darah.

Para peneliti telah membuktikan bahwa kulit buah naga terdapat senyawa aktif yang berfungsi untuk melenturkan pembuluh darah. Namanya, taraxast 12 dan pentacylic triyepene 20ene 30aol. Dua senyawa ini mampu bekerja dengan baik untuk melenturkan pembuluh darah.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan Kulit 

Mendeteksi boraks dan formalin.

Caranya sangat mudah, potong kulit buah naga, kemudian rendam di dalam air tawar yang sudah diberikan perasan jeruk. Tunggu beberapa saat hingga air berubah menjadi warna kemerahan. Lalu celupkan tisu pada rendaman air kulit buah naga tersebut. Tempelkan tisu yang sudah berubah warna menjadi merah itu ke makanan yang hendak diuji.

Jika tisu tidak berubah warnanya dan tetap merah, maka makanan tersebut mengandung boraks atau formalin. Namun jika tisu berubah memudar dan menjadi putih kembali, maka makanan tersebut aman dari boraks dan layak untuk dikonsumsi.

Merawat kesehatan kulit

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, kulit buah naga juga mengandung antioksidan, vitamin C dan vitamin E yang cukup tinggi. Kandungann ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit agar kulit terbebas dari radikal bebas. Kulit buah naga juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga mampu membuat kulit tetap lembab. Caranya, Anda bisa membuat kulit buah naga sebagai masker alami untuk kulit dan wajah.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement