Kamis 19 Sep 2019 19:19 WIB

Jangan Sampai Menyesal, Siapkan ini Sebelum Kena PHK!

PHK terkadang menimpa para pekerja tanpa diduga-duga.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
.
.

Cermati.com – Sebagai pekerja, tidak akan pernah tahu kapan musibah PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) itu menimpa. Jangan sampai menyesal nantinya hanya karena tak menyiapkan hal-hal yang harus dipersiapkan dalam hidup.

Seperti yang belakangan ini terjadi kabar mengenai adanya PHK ratusan karyawan salah satu startup unicorn di Indonesia, yakni Bukalapak. Bukan hanya itu saja, startup lain asal luar negeri seperti WeWork, SpaceX, Shopclues, Uber, dan Zomato, juga pernah melakukan PHK massal.

Dikutip dari CNBC Indonesia, perusahaan-perusahaan tersebut memberhentikan karyawan sebanyak berikut ini:

  • PHK di Bukalapak sebanyak 100 karyawan
  • PHK di WeWork sebanyak 300 karyawan
  • PHK di SpaceX sebanyak 60 karyawan
  • PHK di Shopclues sebanyak 150-200 karyawan
  • PHK di Uber sebanyak 435 karyawan
  • PHK di Zomato sebanyak 540 pegawai

 

Penyebab Terjadinya PHK

Bisnis Bangkrut

Ilustrasi bisnis bangkrut

Ada banyak penyebab PHK itu terjadi, di antaranya:

  • Kinerja perusahaan yang berat sehingga harus mengurangi karyawan
  • Perusahaan memaksimalkan teknologi ketimbang tenaga manusia
  • Perusahaan mau meningkatkan laba
  • Perusahaan bangkrut
  • Performa karyawan itu sendiri yang tidak bagus
  • Dan masih banyak lagi penyebab PHK lainnya

Tapi, apa pun itu penyebab adanya PHK, mempersiapkan diri menghadapi berbagai hal kemungkinan ancaman PHK wajib dilakukan. Kalau tidak, bisa-bisa hidup jadi berantakan.

Apa enaknya jadi pengangguran tanpa pemasukan dan tabungan di tangan? Sedangkan kebutuhan hidup terus berjalan, seperti makan, tempat tinggal, uang transportasi, internet, dan lainnya tetap dibutuhkan.

Sebab bukan hanya berbisnis, untuk mencari pekerjaan baru pun tetap butuh modal, bukan? Jika tak membekali diri dengan keuangan yang mencukupi, katakanlah paket data internet untuk mengirim CV, gimana mau cepat dapatkan kerja lagi?

Baca Juga: Bagaimana Perhitungan Uang Pesangon, Uang Penghargaan, dan Uang Penggantian Hak?

Wajib Menyiapkan ini dalam Hidup Sebelum Menghadapi PHK

Terkena PHK

Ilustrasi terkena PHK

Saat kena PHK, tentu gelar yang disandang adalah pengangguran. Tapi sejatinya ketika harus menghadapinya, menganggur itu bukanlah akhir segalanya.

Belum, kiamat belum tiba. Masih banyak peluang di laur sana yang tidak menutup kemungkinan jauh lebih baik dan menggapai kesuksesan.

Tapi bukan tanpa syarat. Harus ada bekal untuk membawa diri menatap masa depan cerah dan bebas terpuruk saat menghadapi PHK.

Jadi, sebelum menyesal dan meratapi nasib, sebaiknya persiapkan hal ini terlebih dahulu dalam hidup. Apa sajakah itu? Simak ulasan Cermati.com berikut:

1. Mencatat Semua Kebutuhan

Membuat Anggaran

Ilustrasi membuat anggaran

Mau tak mau, mencatat semua kebutuhan dalam sebulan itu penting dan harus dilakukan. Kalau tidak, siap-siap saja gaji numpang lewat setiap bulannya.

Berapa uang makan dalam sebulan? Berapa biaya transportasi dalam sebulan? Berapa uang untuk ditabung? Dan masih banyak lagi biaya-biaya lain yang harus diketahui dan dicatat sejak awal sebelum membelanjakan uang gaji.

Catat semua kebutuhan itu di kertas. Jangan hanya dicatat dan disimpan di kepala saja, karena itu tidak akan efektif karena hanya meraba-raba saja tak ada angka persis dan pasti berapa kebutuhan yang sesungguhnya.

Bahkan, jika hanya dicatat di kepala, tentunya sangat rentan terabaikan karena lupa. Terlebih lagi bila punya sifat impulsif, yang enggak tahan lihat godaan promo dan diskon belanja.

2. Menentukan Jatah Belanja Sehari-hari

Belanja di Supermarket

Ilustrasi belanja kebutuhan sehari-hari

Coba hitung berapa kebutuhan sehari-hari dalam satu bulan? Katakanlah untuk jatah uang makan dalam seminggu itu Rp500.000, karena masak sendiri dan mendapatkan bahan-bahan yang lebih murah, maka uang yang dikeluarkan tak sebesar itu.

Ternyata, uang makan yang dibelanjakan dalam seminggu itu hanya habis Rp400.000. Maka, masih ada sisa uang jatah makan Rp100.000. Dan kalau bisa haruslah bisa membelanjakan uang itu di bawah dari yang dianggarkan.

3. Menyimpan Uang Sisa Belanja dalam Celengan

Menyisihkan Uang receh

Ilustrasi menyisihkan uang receh

Melanjutkan poin kedua, uang sisa belanja itu jangan pernah dihabiskan untuk hal lainnya. Karena pos-pos lain tentunya sudah ada anggarannya sejak awal, bukan?

Atau jangan pula uang sisa belanja kebutuhan makan itu dihabiskan untuk sekadar jajan. Masukkan saja uang sisa belanja itu ke celengan.

Jika sisa uang makan saja bisa disisihkan dan dimasukkan ke celengan setiap minggunya Rp100.000, tentu dalam setahun sudah terkumpul Rp4.800.000. Ini jumlah yang banyak untuk sekadar mengumpulkan sisa uang makan, bukan?

Toh, uang yang ada di celengan itu juga enggak akan teriak-teriak minta dikeluarkan, bukan? Jadi, isi saja terus celengan ‘Ayam’ dari sisa uang belanja hingga penuh, dan panen saat waktunya tiba.

4. Wajib Menabung Setiap Bulan

Buku Tabungan

Ilustrasi buku tabungan

Ingat, menabung itu wajib. Entah uangnya nanti digunakan untuk apa, yang penting menabung saja dulu! Tidak pernah ada ruginya ‘kok menabungkan uang setiap bulannya sesaat terima gaji.

Setidaknya langsung alokasikan sekira 20% uang gaji untuk ditabung. Tanpa terasa, uang yang Anda tabung pun nantinya akan luar biasa besarnya dan membuat masa depan terasa aman dan nyaman karena mapan keuangan.

5. Menyisihkan Uang untuk Dana Darurat

Dana Darurat

Ilustrasi dana darurat

Jangan pernah abaikan menyisihkan uang untuk dana darurat. Bagaimana pun juga, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup suatu saat nanti.

Oleh karena itu, menyiapkan dana darurat itu tak bisa ditawar lagi. Sisihkan uang dari gaji untuk dana darurat setidaknya 5% dari gaji setiap bulan yang diterima.

6. Harus Punya Investasi dan Asuransi

Asuransi Kesehatan

Sudahkah hidup Anda terlindungi asuransi kesehatan?

Investasi dan asuransi juga tak boleh dikesampingkan. Dengan asuransi, maka kebutuhan untuk pengobatan dan perawatan kesehatan bisa terpenuhi. Tahu sendiri biaya rumah sakit itu tak murah, bukan?

Lalu, apakah Anda sudah terlindungi oleh asuransi kesehatan? Jika belum, ajukan asuransi kesehatan di SINI.

Lalu, dengan investasi maka masa depan atau masa tua nanti akan terjamin secara finansial. Jangan pernah bayangkan investasi itu untuk diambil dalam setahun atau dua tahun ke depan dalam jangka pendek.

Tapi, investasi itu lebih kepada persiapan masa pensiun nanti. Karena sejatinya hasil dari investasi itu akan sangat menguntungkan saat dinikmati masa tua nanti.

7. Terus Tingkatkan 'Skill' dengan Mengikuti Kursus

Meningkatkan Skill

Jangan malas meningkatkan kemampuan diri

Jangan pernah berpuas diri dengan yang ada. Bukannya tidak bersyukur, tapi hidup itu dinamis. Segalanya bisa berubah, bahkan dunia kerja pun banyak mengalami pergeseran karena kecanggihan teknologi.

Tenaga kerja bukan lagi bersaing dengan sesama pekerja lainnya, tapi juga harus berhadapan dengan teknologi. Jika tak mampu mengikuti perkembangan yang ada, siap-siap saja harus tersingkir dengan sendirinya.

Oleh karena itu, jangan malas meningkatkan kemampuan (skill) diri dengan ilmu-ilmu atau sesuatu yang baru. Sehingga kualitas diri pun juga kompetitif.

Ada banyak macam ilmu peningkatan kualitas diri seperti menguasai bahasa asing, bukan hanya Inggris, tapi juga bahasa-bahasa lain yang sekarang ini juga sudah cukup banyak peluang sukses yang ditawarkannya dengan menguasai bahasa asing tertentu.

Bukan hanya bahasa asing, keterampilan bidang lain mulai dari digital marketing, web devoleper, dan masih banyak lagi, bisa dilakukan dengan mengikuti kelas kursus.

Atau bahkan bisa juga mengikuti kursus entrepreneurship! Dengan memiliki skill di bidang ini, tidak harus menunggu tawaran kerja datang, tapi bisa langsung terjun berbisnis dan menjadi pengusaha sukses.

Baca Juga: ‘Resign’ Kerja: Ini Cara Mengganti Asuransi BPJS Ketenagakerjaan

Ingat-ingat Pepatah ‘Sedia Payung Sebelum Hujan’

Payung dan Hujan

Tetaplah bahagia walau diterpa rintangan

Pepatah ini tentunya sudah tak asing lagi di telinga, bukan? Intinya, daripada kerepotan ketika mengalami sesuatu kejadian, lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya agar hidup juga tetap berjalan sebagaimana mestinya. Kebutuhan terpenuhi walau misalnya pendapatan tak lagi diterima setiap bulannya, dan tak harus berlama-lama menganggur karena bisa dengan mudah cepat mendapatkan peluang. Atur kebutuhan sendiri dan tingkatkan kualitas diri demi hidup yang lebih baik.

Baca Juga: Siap Dikucurkan Tahun Depan, Ini Syarat Kantongi Kartu Pra Kerja

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement