Kamis 19 Sep 2019 05:31 WIB

Film Bebas Diangkat Dari Adaptasi Sinema Korea

Keduanya mengambil tema kehidupan di masa sekolah dan setelahnya.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nora Azizah
Mira Lesmana (kanan) dan Riri Riza (kiri)
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Mira Lesmana (kanan) dan Riri Riza (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film baru karya Riri Riza Bebas merupakan adaptasi dari film asal Korea Selatan berjudul Sunny. Keduanya memiliki benang merah yang sama, mencoba mengangkat tema kehidupan remaja di masa sekolah dengan kehidupan setelah dewasa.

Film sutradara Kang Hyeong-cheol memberikan suasana sisterhood yang sangat kental. 'Bebas' pun menawarkan keberagaman tingkah remaja yang tetap menunjukan ikatan pertemanan yang kuat, pesan tersebut berhasil direplika dengan baik.

Baca Juga

Meski mengadaptasi film tahun 2011, tim Bebas memilih untuk memberikan banyak sentuhan yang berbeda. Mira Lesmana dan Gina S Noer membuat cerita yang lebih mengena dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

Contoh saja latar waktu, Bebas memilih tahun 1990-an untuk masa sekolah geng Bebas. Sedangkan Sunny memilih tahun 1980-an untuk mengangkat momen dan fenomena yang terjadi.

Selain itu, jumlah anggota pun berbeda, Sunny beranggotakan tujuh perempuan di sekolah khusus perempuan, sedangkan Bebas merupakan lima anggota perempuan dan satu pria di sekolah umum. Dari dua hal ini pun memberikan jalan cerita yang sedikit berbeda, sehingga memberikan kesan yang juga berbeda.

Bahkan, di sisi lain, film yang akan tayang 3 Oktober ini dapat dikatakan mengisi celah kosong cerita yang tidak sempat terutarakan dalam Sunny. Cerita yang diolah membuka ruang berbeda, meski dengan benang merah yang tetap sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement