Sabtu 14 Sep 2019 11:10 WIB

Menikmati Wisata Bahari Kampong Nelayan Ngemplak

Ayo buat perjalanan ke Kampong Nelayan Ngemplak.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: pesona.travel
Foto: pesona.travel

Ceknricek.com - Ketika berwisata di daerah pesisir Pantai Utara Pulau Jawa, tak ada salahnya melakukan perjalanan ke Kampong Nelayan Ngemplak. Sebuah desa nelayan yang ada di Dukuh Ngemplak, Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Jawa Tengah ini terkenal akan wisata baharinya.

Letak geografis Dukuh Ngemplak berbatasan langsung dengan laut. Desa ini disebut sebagai Kampong Nelayan Ngemplak karena mayoritas penduduknya memiliki keahlian menangkap ikan. Dukuh Ngemplak merupakan wilayah pesisir karena memiliki daerah pantai atau berbatasan dengan laut sehingga memiliki potensi Ikan yang melimpah.

Untuk mendukung potensi tersebut, maka dibangunlah Kampong Nelayan sebagai tempat pelelangan ikan sekaligus tujuan wisata. Di sini para wisatawan bisa melihat langsung aktifitas para nelayan dari mulai melaut sampai melelang ikan-ikan.

Kita bisa menyaksikan pemandangan yang indah saat melakukan perjalanan ke Kampong Nelayan Ngemplak. Puluhan kapal kayu berjejer rapi di tepi dermaga. Kapal-kapal yang sedang tidak beroperasi ini berwarna dominan biru dengan bendera merah-putih yang berkibar di setiap tiangnya. 

Baca Juga: Ajang Promosi Pariwisata Bahari, "Sail to Natuna Yacht Rally 2019"

Pemandangan lepas pantai di sini juga terlihat begitu jelas. Nampak dari kejauhan beberapa orang asyik dengan alat pancingnya. Sementara beberapa lainnya sibuk menimbang-nimbang hasil tangkapan. Sepertinya tempat itu adalah tempat pemancingan sekaligus lokasi pelelangan ikan di Kampong Nelayan Ngemplak.

Pesta Lomban di Kampong Nelayan Ngemplak

Perjalanan ke Kampong Nelayan Ngemplak kali ini dimeriahkan dengan diadakannya Pesta Lomban. Suasana pesta yang diadakan tiap bulan Syawal ini berlangsung sangat meriah. Masyarakat setempat menamai tradisi ini dengan sebutan Lomban Tupatan.

Foto: pesona.travel

Para warga berdiri di dermaga tempat pelelangan ikan di Kampong Nelayan Ngemplak untuk menyaksikan Lomban kupatan. Kapal-kapal berpenumpang ribuan warga bergerak beriring-iringan dari Ngemplak dengan tujuan Pulau Panjang. Puluhan kapal itu mengikuti pergerakan sebuah kapal motor yang membawa replika kapal berisi sesaji. Sesaji yang mereka bawa antara lain potongan kepala kerbau dan hasil bumi lainnya.

Sesampainya di tengah laut, replika kapal berikut isinya itu dilarung dengan iringan doa. Sejumlah nelayan turun ke laut, berebut sesaji yang diyakini dapat membawa berkah. Para nelayan itu juga menyiramkan air laut ke badan kapal sebagai ritual pembersihan agar mereka terhindar dari bencana saat melaut. Itu merupakan bagian dari prosesi Syawalan atau Lomban Kupatan yang rutin dilakukan di Kampong Nelayan Ngemplak. Para nelayan berharap usai Lomban Kupatan ini para nelayan diberkati keselamatan dan tangkapan ikan yang berlimpah.

Pesta Lomban sangat ramai dan kerap dijadikan objek menarik untuk dilihat oleh wisatawan. Jadi, pastikan untuk berkunjung ke Kampong Nelayan Ngemplak ya?

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya