Senin 09 Sep 2019 10:45 WIB

Orang Berusia 50 Tahun Dianjurkan Berenang Dua Kali Sepekan

Selain berenang, orang berusia 50 tahun juga dapat berkebun untuk menguatkan otot.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Reiny Dwinanda
Pemandangan dari kolam renang di tempat wisawata Laut Mati, Yordania.
Foto: Ilham Tirta
Pemandangan dari kolam renang di tempat wisawata Laut Mati, Yordania.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedokteran Inggris menyarankan kepada warganya yang telah berusia 50 tahun ke atas untuk berkebun atau berenang. Berdasarkan anjuran dokter, kegiatan itu setidaknya perlu mereka lakukan dua kali dalam sepekan.

Dilansir laman The Sun, Senin (9/9), dokter menganjurkan agar warga yang telah berusia setengah abad itu untuk melakukan aktivitas menguatkan otot. Kegiatan semacam itu sebenarnya mudah dilakukan, contohnya dengan naik-turun tangga atau membawa tas belanjaan.

"Para pensiunan juga disarankan untuk melakukan aktivitas seperti menari, tai chi untuk membantu mencegah jatuh, cedera, dan penyakit lainnya," Kepala Petugas Medis Inggris Dame Sally Davies.

Aktivitas tersebut akan mengurangi resiko seseorang untuk terpapar diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan depresi. Di saat yang bersamaan, dokter juga menganjurkan mereka untuk tidak duduk dalam waktu yang lama, meski telah mencapai target tertentu dalam aktivitas fisik atau latihan masing-masing.

Mereka juga menganjurkan ibu yang baru melahirkan untuk berolahraga setidaknya 2,5 jam dalam sepekan. Panduan dasar terkait aktivitas ibu pascamelahirkan adalah melakukan latihan dasar panggul segera setelah lahir.

Davies mengatakan, olahraga dapat meredakan sakit punggung, memperbaiki tidur dan membantu menghilangkan lemak.

“Saya ingin meyakinkan wanita bahwa aman untuk aktif selama kehamilan dan aktif secara perlahan setelah kehamilan. Tidak ada efek negatif dari olahraga saat menyusui," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement