Senin 09 Sep 2019 08:22 WIB

Changmin TVXQ Berdonasi untuk Hutan Amazon

Dana donasi Amazon berasal dari penjualan produk mode rancangan Changmin.

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari
Grup Korea TVXG Yunho dan Max Changmin.
Foto: EPA
Grup Korea TVXG Yunho dan Max Changmin.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Anggota grup musik TVXQ, Changmin, baru-baru ini menyumbangkan donasi untuk membantu memerangi kebakaran hutan Amazon. Kabar ini disampaikan oleh kantor Greenpeace Seoul, Korea Selatan, pada Senin (9/9).

“Changmin TVXQ baru-baru ini menyumbangkan 70 juta won (Rp 826 juta) untuk membantu upaya restorasi di lokasi kebakaran Amazon, serta untuk membantu mengevaluasi dampak lingkungan,” kata Kantor Greenpeace Seoul, seperti yang dilansir dari Soompi, Senin (9/9).

Baca Juga

Dana tersebut berasal dari penjualan kolaborasi antara Changmin dan Represent pada Mei. Mereka merilis produk mode yang dirancang oleh Changmin dengan tema perlindungan lingkungan. Sebagian penjualan disumbangkan untuk tujuan amal.

Pria bernama asli Shim Changmin ini dikenal menyumbangkan donasi secara teratur untuk membantu anak-anak dan keluarga berpenghasilan rendah. Ia menyatakan tema proyek bersama Represent adalah mengembalikan Bumi ke keadaan semula.

“Saya berharap sumbangan ini dapat membantu lingkungan dalam segala cara,” ujar Changmin.

Direktur Sumbangan Kantor Greenpeace Seoul, Chae Jung Ah mengatakan hutan hujan Amazon telah mengalami kebakaran yang meluas selama lebih dari sebulan. Kerusakannya juga sangat signifikan.

Dengan sumbangan dari Changmin, kata Chae, Greenpeace Seoul berharap ada lebih banyak orang yang akan menyadari kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran tersebut dan mudah-mudahan berusaha melakukan yang terbaik untuk membantu.

Chae menambahkan, kebakaran itu bukan masalah yang hanya berdampak pada satwa liar dan orang-orang Brasil. “Gas-gas yang dipancarkan kebakaran akan memiliki dampak fatal pada atmosfer dan itu akan menyebabkan kerusakan parah pada dunia secara keseluruhan” kata Chae.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement