Ahad 08 Sep 2019 03:31 WIB

Enam Cara Perpanjang Daya Tahan Baterai Laptop

Laptop saat ini masih menjadi andalan banyak orang.

Rep: Febryan. A/ Red: Bayu Hermawan
Menggunakan Laptop (ilustrasi).
Foto: Republika/ Wihdan
Menggunakan Laptop (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Laptop saat ini masih menjadi andalan banyak orang untuk kebutuhan harian maupun untuk pekerjaan. Tetapi, daya tahan baterainya yang terus menurun tetap menjadi masalah yang membuat banyak orang gerah.

Tentu akan sangat frustasi rasanya saat Anda sedang bekerja menggunkan laptop lalu ia tiba-tiba saja mati. Padahal Anda sedang berada di atas kereta api atau kafe yang tak menyediakan colokan listrik.

Baca Juga

Untuk mengatasi hal-hal semacam itu terjadi, inilah lima cara yang bisa dilakukan sebagaimana dikuti dari laman mirror.co.uk, Ahad (8/9). Pertama, matikan wi-fi jika tidak digunakan. Meskipun hampir semua laptop membutuhkan akses internet, tapi ketika Anda benar-benar tidak membutuhkannya, sebaiknya matikan saja.

Dengan mematikan wi-fi, maka Anda bisa menghemat batrai lebih lama. Sebab, wi-fi adaptor menghisap daya cukup banyak dari baterai. Kedua, redupkan layar. Kecerahan layar adalah salah satu faktor yang menentukan usia baterai. Redupkan kondisi layar jika anda sedang berada di ruangan yang cukup gelap karena layar redup sekalipun akan tetap tampak jelas.

Ketiga, gunakan laptop setelah pengisian baterai. Banyak orang tetap meggunakan laptop mereka ketika sedang melakukan pengisian baterai. Hal ini akan sangat berpengaruh pada usia baterai.

Beberapa jenis laptop menyediakan fitur untuk mencegah pengisian terus berlanjut saat baterai sudah penuh. Tetapi cara terbaik adalah menggunakan terlebih dahulu laptop Anda sebelum mencolokkan kembali kabel dayanya.

Keempat, lepaskan semua perangkat tak terpakai. Perangkat apapun yang menempel ke laptop Anda akan mempengaruhi baterai. Jadi jika sebuah kabeb USB ataupun mikropon tak sedang digunakan, sebaiknya cabut saja.

Kelima, aturlah aplikasi laptop Anda. Sederhananya, tutuplah beberapa tab pada aplikasi pencarian Anda jika tak lagi dibutuhkan. Tak hanya akan menringankan kerja perangkat, tapi juga memperpanjang daya baterai.

Hal yang sama juga sebaiknya dilakukan pada aplikasi yang dibuka dalam jumlah banyak secara bersamaan. Tak ada yang salah dengan hal ini, tetapi jika beberapa aplikasi tak lagi dibutuhkan saat itu, sebaiknya ditutup saja.

Keenam, ubah setingan dayanya. Gunakan mode 'Battery Saver'. Ini sangat berguna ketika Anda sedang melakukan perjalanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement