Senin 02 Sep 2019 18:47 WIB

Gading Marten: Utamakan Konsep Saat Bikin Vlog

Gading Marten mengatakan, tanpa konsep yang jelas, vlog perjalanan akan berantakan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Gading Marten
Foto: Republika/Noer Qomariah K
Gading Marten

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belakangan, makin banyak orang yang mengabadikan momen berlibur ke dalam foto atau video untuk dibagikan di dunia maya. Hobi itu dapat menjadi pintu masuk untuk menjadi travel vlogger.

Lalu bagaimana cara membuat konten travelling yang menarik? Selebritas sekaligus traveller Gading Martin mengungkapkan, ada satu kunci yang harus diperhatikan sebelum membuat konten, yaitu konsep video.

Baca Juga

"Harus niat bikin konsep video dulu. Kadang kalau pergi berlibur tapi gak punya konsep nih ya kontennya tidak menarik," kata Gading di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Gading berkaca pada pengalamannya terdahulu kala mengunggah konten travelling tanpa memikirkan konsep videonya terlebih dahulu. Alhasil, ketika pengambilan gambar, ia cenderung mengambil semua momen hingga akhirnya bingung akan membuat video tentang apa.

"Saya pernah jalan, tanpa mikirin apa-apa dulu. Jadinya semua hal diambil (direkam), ujungnya bingung mau diapain. Baiknya ya dipikir dulu, misal ke Bali mau bikin konten tentang sepeda, ya banyakin shoot sepeda," kata Gading.

Menurut Gading, eksklusivitas akan menjadikan konten tersebut mahal dan menarik. Karenanya dia menyarankan untuk mematangkan konsep sebelum pergi melancong.

Soal untuk alat merekam, menurut Gading, tidak melulu harus menggunakan kamera mahal. Menggunakan ponsel pintar pun bisa saja, terlebih saat ini banyak ponsel pintar yang resolusi kameranya sudah cukup baik.

"Sebenarnya tidak semua harus pakai kamera mahal. Pakai HP juga sekarang banyak kok HP yang kameranya sudah bagus, itu aja," kata Gading.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement