Ahad 01 Sep 2019 04:20 WIB

Lima Tokoh 'Joker' Dari Masa ke Masa

Dalam sejarahnya, Joker selalu berganti pemeran.

Rep: Kiki Safitri (cek n ricek)/ Red: Kiki Safitri (cek n ricek)
Film Joker
Foto: Warner Bros via AP
Film Joker

Ceknricek.com -- Film Joker sebagai tokoh badut psikopat terus berevolusi dari masa ke masa. Film yang berawal dari sebuah karakter unik dalam serial Batman pada 1940 ini mulai diadaptasi pada tahun 1966. Sejak itu, tokoh Joker semakin melegenda.

Dalam sejarahnya, Joker selalu berganti pemeran. Sejauh ini, setidaknya ada 5 pemeran tokoh Joker yang fenomenal dan berhasil membangkitkan karakter komik milik DC Comics, Warner Bross.

Berikut lima pemeran Joker dari masa ke masa.

1. Cesar Romero

Karakter Joker yang diperankan oleh Cesar Romero sangat jauh berbeda dari karakter yang dikenal saat ini. Romero kala itu lebih terlihat tradisional dengan berperan sebagai pencuri.

Karakter Joker yang dibintangi Romero, juga menunjukkan senyuman khas dan kelucuan di setiap kejahatan yang dilakukan. Cesar Romero berperan dalam film Batman pada tahun 1966.

 

2. Jack Nicholson

Karakter Joker yang diperankan oleh Joker Nicholson mulai sedikit merubah alur cerita. Pada edisi ini, sosok Joker perlahan mulai terungkap. Joker merupakan seorang pria bernama Arthur Fleck yang merupakan seorang badut penghibur.

Konflik dimulai manakala ia mengalami perdebatan dengan Batman yang berujung pada dirinya masuk ke dalam sebuah tangki limbah. Alhasil, Joker terus berupaya balas dendam dan menciptakan kekacauan serta pembunuhan berkedok badut.

Ini semakin menajamkan kesan psikopat Joker. Jack Nicholson berperan sebagai Joker pada film Batman tahun 1989.

3. Heath Ledger

Karakter Joker yang diperankan oleh Heath Ledger, berhasil membangkitkan kembali karakter Joker di zaman yang lebih modern. Kali ini Joker secara tegas menunjukkan bahwa dirinya merupakan seorang badut psikopat penyebar teror yang memulai kekacauan.

Dalam film kali ini, karakter Joker menunjukkan sebagai seorang yang dimarginalkan. Konsep ini kemudian menginspirasi Joker untuk melakukan protes dengan mengenakan topeng badut. Versi Heath Ledger juga secara tidak langsung ditujukan untuk menghina beberapa perilaku antisosial.

Karakter ini bahkan menuai banyak pujian hingga Heath Ledger berhasil mendapatkan penghargaan Best Supporting Actor dalam ajang Academy Awards (Oscar) tahun 2009 atau setahun usai kematiannya. Heath Ledger berperan sebagai Joker dalam film The Dark Knight tahun 2008.

4. Jared Leto

Karakter Joker yang diperankan oleh Jared Leto, menandai pertama kalinya bahwa Joker hampir secara universal mendapatkan penghinaan yang terus menerus melalui internet. Dalam peran kali ini, Joker ditampilkan sebagai karakter yang suka membuat lelucon dan memberikan hadiah-hadiah menyeramkan. Jared Leto berperan sebagai Joker dalam film Suicide Squat pada 2016.

5. Joaquin Phoenix

Karakter Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix, akan memulai cerita pada tahun 1981. Pada kala itu, Joker (Arthur Fleck) adalah seorang komedian yang gagal dan beralih ke kehidupan kejahatan.

Ia membuat kekacauan hingga pembunuhan di Kota Gotham. Kali ini, Joker tidak menggunakan embel-embel Batman dan hadir untuk menjawab bagaimana masa kelam Joker.

Joker akan ditayangkan perdana di Festival Film Venice awal September 2019. Ini akan menjadi lanjutan komik pertama yang akan diputar di Festival Film Internasional Toronto dan Festival Film New York. Selanjutnya akan rilis resmi di bioskop seluruh dunia pada 4 Oktober 2019.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement