Ahad 01 Sep 2019 02:20 WIB

Rumah Hutan Cidampit, Sensasi Seru Wisata Alam

Cahaya malam hanya dihadirkan dari kunang-kunang yang beterbangan di lokasi.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Sumber: Pesona.travel
Sumber: Pesona.travel

Ceknricek.com -- Jika sedang berada di Serang, cobalah berkunjung ke Rumah Hutan Cidampit. Dikelilingi pohon-pohon dan ditunjang dengan berbagai fasilitas, Rumah Hutan Cidampit menjadi tempat yang tepat untuk menyelaraskan diri dengan alam.

Rumah Hutan Cidampit terletak di Kampung Cidampit, Desa Bojong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten. Di tempat rekreasi yang berupa hutan dan memiliki luas 6.000 meter persegi ini, terdapat rumah sederhana yang terbuat dari kayu. Selain itu, terdapat aneka fasilitas seperti pondok-pondok, lumbung padi, lapangan bulu tangkis, perpustakaan, dan sebagainya.

Sebelum sampai ke lokasi, pengunjung harus berjalan kaki mulai dari tempat parkir kendaraan. Jalan yang dilewati dikelilingi pohon tinggi dan semak-semak. Selain itu, terdapat sungai kecil yang cukup deras. Barulah kemudian pengunjung mencapai Rumah Hutan Cidampit.

Pemilik Rumah Hutan Cidampit adalah Liem Oei Ping, seorang lelaki asal Sulawesi Tengah yang merantau ke Kota Serang pada tahun 1962. Ia memiliki cita-cita untuk menjadikan hutan di Banten sebagai ‘surga’. Oleh karena itu, ia membeli lahan Rumah Hutan Cidampit pada 2005 dan membangunnya pada 2015.

Mengunjungi Rumah Hutan Cidampit, Serang
Sumber: Pesona.travel

Baca Juga: Disney Avanger Campus Land Dibuka Untuk Umum Musim Panas Tahun Depan

Awalnya, tempat tersebut diperuntukkan secara pribadi. Akan tetapi, seiring waktu makin banyak orang yang mengetahui keberadaan Rumah Hutan Cidampit, Ping kemudian membukanya untuk umum.Pengunjungnya tidak dikenakan biaya. Meskipun begitu, kita diminta untuk menjaga kebersihan, mengingat cukup banyak orang yang datang ke tempat ini.

Menariknya, Rumah Hutan Cidampit tidak menggunakan lampu. Jika malam tiba, cahaya dihadirkan dari kunang-kunang yang beterbangan di lokasi. Para pengunjung juga akan mendengar suara-suara hewan malam. Hal tersebut menjadi sensasi unik yang dapat menambah pengalaman kita. Pada pagi harinya, kita dapat menikmati sajian keindahan alam di sana sambil berjalan kaki atau bersepeda.

Menarik, bukan? Dengan konsep seperti di atas, Rumah Hutan Cidampit cocok dikunjungi bersama keluarga atau orang-orang terkasih tak hanya pada hari libur atau akhir pekan, tetapi juga hari kerja.

BACA JUGA: Cek SEJARAH, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya