Ahad 01 Sep 2019 01:40 WIB

Ingat Tina Toon 'Bolo Bolo', Ini Kisah Karier Politiknya

Tina Toon dinyatakan lolos melenggang masuk ke DPRD DKI Jakarta.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Calon Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Tina Toon melakukan sesi foto  bersama republika di DP PDIP, Jakarta, Selasa (23/10).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Calon Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Tina Toon melakukan sesi foto bersama republika di DP PDIP, Jakarta, Selasa (23/10).

Kian kemari antusias kalangan artis yang ingin mencicipi karier sebagai politikus semakin tinggi, salah satunya adalah Tina Toon. Ia maju mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (caleg) DKI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Agar bisa menang, nyatanya Tina Toon tak hanya mengandalkan popularitasnya sebagai artis saja. Ia juga tetap berjuang dengan terjun langsung ke lapangan, mengunjungi masyarakat, hingga menyampaikan program kerja yang dibuatnya.

Berkat usaha dan kerja kerasnya itulah, Tina Toon berhasil mendapatkan suara sebanyak 19.484. Ia dinyatakan lolos melenggang masuk ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Pada 26 Agustus 2019, ia telah dilantik sebagai anggota DPRD DKI Jakarta untuk periode 2019-2024.Dengan karier barunya ini, Tina berharap bisa menjalankan kegiatan politiknya dengan amanah dan membawa hal baik untuk Jakarta.

Ini menjadi bukti bahwa karier Tina Toon terbilang sukses. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana perjalanan karier sukses Tina Toon, berikut ulasannya yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber yang diharap bisa menginspirasi kamu dalam merintis karier.

 

1. Mengawalinya Sebagai Penyanyi Cilik

Pemilik nama asli Agustina Hermanto ini merupakan anak dari pasangan Aan Hermanto dan Megawati. Sejak kecil, ia sudah memperlihatkan bakat menyanyinya yang diturunkan langsung dari ibunya yang dulu pernah bergabung di kelompok musik di Cirebon.

Tak menunggu waktu lama, sang omah tercinta, Ana Setawati, sering mengajak wanita yang akrab dipanggil Tina ini untuk mengikuti lomba-lomba menyanyi di berbagai tempat di Jakarta. Hingga akhirnya, Tina pertama kalinya meraih juara dua lomba menyanyi yang saat itu diselenggarakan di Mal Kelapa Gading.

Usaha yang dilakukan omah untuk mengantarkan cucu tersayangnya menjadi penyanyi tak berhenti di situ saja, ia juga mendaftarkan Tina ke sanggar Papa T. Bob yang merupakan salah satu pecipta lagu anak-anak terkenal. Papa T. Bob langsung memberikan tes vokal kepada Tina.

Memang dasarnya sudah memiliki suara bagus, akhirnya Tina lulus tes dan langsung dibuatkan beberapa lagu oleh Papa T. Bob. Setelah syair lagu rampung, pencipta lagu yang memiliki nama lahir Erwanda ini juga mengajak Tina ke dapur rekaman.

Dari sinilah Tina mulai mengepakan sayapnya sebagai penyanyi cilik yang berhasil menarik perhatian kalangan orang tua dan anak-anak di seluruh Indonesia. Dia memiliki beberapa album, seperti Bolo-Bolo (1999), Siram (2000), Goyang Tina Toon (2001) dan Arti Bolo-bolo (2003).

Beranjak remaja ia pun tetap mengasah kemampuan bernyanyinya dengan mengeluarkan album yang berjudul I love Music (2008). Dalam album tersebut, juga terdapat lagu yang diciptakan sendiri, yaitu In My Birthday. Kemudian tahun berikutnya, ia meluncurkan single keduanya yang juga ciptaannya sendiri dengan judul Cinta Malu.

Makin cemerlangnya karier Tina sebagai penyanyi ini dibuktikan, pada 2011 ia membentuk band putri yang diberi nama D’Girls. Meski pada akhirnya group ini tidak laku di pasaran, tapi sudah berhasil memiliki dua single, yaitu Cinta Pertama dan Cinta Buta.

Baca Juga: Kisah Sukses Raline Shah, Wanita Cerdas yang Tak Mengandalkan Kekayaan Keluarganya

2. Sempat Icip di Layar Lebar

Wanita kelahiran Jakarta, 20 Agustus 1993 ini merasa tak puas jika hanya menjadi penyanyi saja. Ia pun tertarik untuk mencoba bermain film layar lebar.

Untuk pertama kalinya, Tina bekecimpung di teater musikal milik Rachel Maryam dan Dian Sastrowadoyo yang berjudul Bawang Merah dan Bawang Putih. Memang tidak menjadi pemeran utama, tapi peran Tina menjadi seekor ikan louhan ajaib yang lincah goyangan ekornya itu sangat bagus dan menghibur.

Setelah itu, barulah Tina membintangi film komedi yang disutradarai Aditya Gummay yang berjudul Tina Toon dan Lenong Bocah pada 2004. Filmnya tersebut menceritakan gadis kecil yang miskin, tapi berkat bakat menyanyinya bisa mengantarkan gadis tersebut menjadi penyanyi sukses dan kaya.

Selang sembilan tahun lamanya, Tina kembali lagi bermain di layar lebar yakni Cinta Dalam Kardus. Dalam film bergenre komedi romantis tersebut, Tina memerankan sebagai seorang mantan pacar yang memiliki kepribadian sangat lucu.

3. Background Pendidikan Tinggi

Karier sebagai artis tidak membuat Tina menutup mata dengan pendidikan. Justru ia dan keluarga menginginkan, selain menjadi artis sukses, Tina juga harus berpendidikan tinggi. Selama menyelesaikan pendidikan dasarnya, Tina menjadi murid dengan prestasi memuaskan.

Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliahnya di salah satu universitas swasta ternama, yaitu Bina Nusantara atau biasa dikenal dengan sebutan Binus dengan jurusan komputer. Kemudian lanjut lagi ke jenjang S2 dengan mengambil jurusan hukum di Universitas Tarumanegara.

Sudah menjadi suatu kebanggaan diri sendiri dan keluarga, ia selalu bisa memperoleh nilai bagus. Bahkan, Tina bisa menggenggam dua gelar di usia yang masih sangat muda, yaitu 23 tahun. Tina pun sudah merencanakan untuk mengambil S3 dalam waktu dekat.

Baca Juga: Sukses dan Inspiratif, Ini Sosok Pebisnis Muda Gibran yang Jadi Calon Walikota Solo

4. Punya Passion di Politik

Tak banyak orang yang tahu, meski dari kecil hingga beranjak dewasa dikenal sebagai artis atau penyanyi, nyatanya wanita yang dikenal dengan goyangan lehernya ini juga memiliki passion di bidang politik. Buktinya, selama ini Tina sangat sering mengikuti berbagai kegiatan di organisasi yang ia ikuti. Passionnya ini semakin kuat mengingat beberapa anggota keluarga juga berkecimpung di politik.

Hingga detik ini, Tina masih dalam proses belajar politik. Dengan menjadi anggota DPRD, ia berharap bisa menjadi perwakilan generasi milenial berjuang dan berkontribusi untuk Indonesia. Selain itu, Tina juga berharap bisa menjadi contoh kepada milenial untuk peduli dengan pendidikan, sosialisasi dan komunikasi politik.

Passion Kuat Antarkan Kesuksesan

Sudah tak bisa dimungkiri, lagi-lagi passion kuat bisa mengantarkan seseorang meraih sukses. Walaupun akan melalui jalan berliku dan banyak rintangan yang dihadapi, setidaknya arah dan tujuannya sudah jelas. Sehingga, orang itu bisa lebih mudah menemukan solusi dalam setiap permasalahan yang dihadapi. Ini juga tentunya didukung dengan kemauan belajar yang tinggi.

Baca Juga: Ini Daftar Caleg Artis yang Lolos ke DPR di Pemilu 2019

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement