Selasa 27 Aug 2019 13:57 WIB

7 Tips Agar tak Bosan dan Selalu Semangat Ketika Bekerja

Salah satu tipsnya adalah menyusun rancangan pekerjaan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Bekerja di Kantor
Bekerja di Kantor

Jika bekerja setiap hari, pastinya akan merasa lelah dan bosan dengan pekerjaan Anda. Bahkan, mungkin terlintas di pikiran Anda untuk berhenti bekerja. 

Mungkin Anda perlu sedikit tips agar tidak bosan ketika bekerja. Pada pembahasan kali ini Cermati.com akan menjelaskan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan yang Anda alami:

1. Pikirkan Mengapa Ingin Berhenti Bekerja

Tips yang pertama yaitu Anda harus memikirkan dan mengetahui apa yang membuat bosan bekerja dan ingin berhenti bekerja. Jika Anda sudah mengetahui permasalahan sebaiknya tidak melakukan hal itu serta jangan terlalu dipikirkan. Anda juga harus memikirkan banyak orang di luar sana yang kesulitan untuk mencari pekerjaan. 

Apabila memutuskan untuk berhenti bekerja, Anda harus tahu apa yang akan dilakukan untuk kedepannya. Diwaktu luang, pergunakan untuk hal yang tidak membuat Anda bosan dan sekiranya dapat menyegarkan pikiran. Setidaknya, ketika akan masuk bekerja dalam kondisi yang fresh dan tidak terbebani terlalu banyak.

2. Susunlah Rancangan Pekerjaan

Cara ini mungkin bisa membuat kerja anda menjadi lebih enak dan nyaman. Dengan membuat rancangan kerja, juga akan memudahkan Anda untuk melakukan pekerjaan. 

Anda juga akan lebih mudah untuk mencapai tujuan untuk kedepannya. Jika Anda tidak memiliki rancangan pekerjaan. Pastinya akan kesulitan untuk mengetahui apa yang akan dilakukan kedepannya.

Dengan rancangan pekerjaan juga akan membuat kerja menjadi lebih rapi dan nyaman. Seperti contoh membuat skala kegiatan yang paling prioritas hingga yang biasa saja.

3. Manfaatkan Hari Libur untuk Istirahat dan Berkumpul dengan Keluarga

Setelah bekerja selama seminggu Anda juga harus beristirahat agar tidak terlalu stress dan kelelahan. Anda harus memanfaatkan hari libur dengan istirahat atau bermain bersama keluarga. 

Dengan begitu akan menghilangkan rasa stress dan bosan yang pada diri dan Anda juga akan bekerja lebih nyaman dan lebih segar di keesokan harinya. Keluarga juga akan merasa senang karena Anda meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. 

Ajak keluarga berlibur dan bersenang senang bersama. Saat dihari libur diharapkan tidak memikirkan hal- hal yang berkaitan dengan pekerjaan di kantor.

Baca Juga: 5 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Rendah, Tapi Gaji Lumayan. Idaman Milenial Nih

4. Ambil Cuti Bila Perlu

Lakukan cara ini apabila memang sudah terlalu stress dan lelah dengan pekerjaan , tidak ada salahnya apabila Anda mengambil cuti untuk beristirahat dan menghilangkan pikiran sejenak. Saat cuti, hilangkan pikiran pekerjaan agar  tidak terlalu stress.

Buat cuti Anda senyaman mungkin. Contohnya pergi berlibur bersama keluarga ke tempat alam yang dapat membuat pikiran fresh kembali. 

Jika waktu cuti tidak memungkinkan Anda juga bisa berdiam saja dirumah dengan menonton televisi bersama keluarga atau hal sederhana lainnya. Dengan cara sesimple apa pun jika hati merasa bahagia pasti pikiran akan jernih dan siap untuk memulai pekerjaan kembali.

bosan bekerja

5. Jangan Bawa Pikiran Pekerjaan Anda ke Rumah

Cara ini sebaiknya dilakukan untuk lebih meringankan beban di pikiran. Setelah bekerja seharian sebaiknya jangan bawa pikiran pekerjaan Anda ke rumah karena itu akan membuat pikiran tegang dan tidak bisa menikmati waktu bersama keluarga. 

Itu juga akan membuat Anda merasa malas untuk melakukan sesuatu di rumah. Anda juga bisa kehilangan nafsu makan karena terlalu memikirkannya. Tentunya itu juga akan mengganggu kesehatan.

Selain itu Anda juga akan susah tidur karena masih banyak sesuatu yang Anda pikirkan. Karena itu sebaiknya Anda tidak membawa pikiran itu ke rumah.

6. Olah Raga Secara Teratur

Bila Anda merasa bosan dengan bekerja, cobalah berolah raga secara teratur. Itu akan menghilangkan beban pikiran. 

Anda bisa berolah raga di gym atau di tempat lain, hal lain yang dapat dilakukan yaitu dengan melihat pemandangan lain selain pemandangan di kantor dan itu mungkin bisa mengobati rasa bosan. 

Selain itu, Anda juga bisa sehat karena berolah raga dan mengeluarkan keringat. Anda juga bisa mengikuti olahraga yang melatih konsentrasi dan ketenangan seperti bela diri, sepak bola, basket atau yang lainnya.

Baca Juga: Mau Gaji 8 Juta? Fresh Graduate Bisa Aja, Asal Punya Skill Ini

7. Selalu Bersyukur

Cara yang terakhir ialah bersyukur. Syukuri apa saja pekerjaan Anda, karena jika kita  melihat orang lain masih banyak juga orang yang yang lebih kesusahan daripada kita. 

Banyak juga orang yang tidak mendapatkan pekerjaan diluar sana. Anda sebaiknya bersyukur karena masih memiliki pekerjaan dan yang harus kita ingat adalah rezeki sudah ada yang mengatur dan itu tidak akan tertukar apapun pekerjaan yang dijalankan. Dengan bersyukur juga bisa membuat Anda bekerja lebih lepas dan juga ikhlas.

Bekerja dengan Penuh Semangat

Bekerja dengan penuh semangat dengan terus melakukan beberapa tips di atas tentu membuat Anda selalu antusias dalam menjalani hari-hari di tempat kerja Anda. Itulah beberapa tips agar Anda tidak merasa bosan dengan pekerjaan dikantor dan selalu bersemangat melakukan pekerjaan masing masing. 

Semoga tips-tips ini mampu membantu Anda untuk menghilangkan rasa bosan ketika bekerja. Buatlah pekerjaan Anda terasa nyaman dan tetaplah semangat bekerja.

Baca Juga: Kumpulan Contoh CV Kreatif Ini Bisa Dijadikan Panduan Melamar Kerja

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement