Kamis 22 Aug 2019 00:22 WIB

Rutin Makan Ikan Bisa Memperpanjang Umur

Ikan diketahui memiliki lemak sehat yang lebih baik ketimbang daging merah.

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Sumber: Lifealth
Sumber: Lifealth

Ikan diketahui memiliki lemak sehat yang lebih baik ketimbang daging merah dan lemak hewani lainnya. Namun, tak banyak yang tahu kalau efeknya bisa sangat luar biasa dalam memperpanjang usia.

Dikutip dari TIME, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal (BMJ) menemukan kandungan lemak sehat dalam ikan berupa asam lemak omega-3 (lemak tak jenuh ganda) yang tinggi. Lemak tak jenuh ganda ini bisa ditemukan dalam makanan seperti ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau, minyak biji rami, yang diyakini mampu mencegah penuaan dini.

Uniknya, asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan laut, seperti pada ikan-ikanan ini justru memiliki efek yang paling kuat, seperti dikatakan oleh penulis studi ini, Heidi Lai.

Baca Juga: 3 Manfaat Ikan Salmon Untuk Pola Makan Sehat 

Peneliti melihat efek dari hasil percobaan terhadap 2.600 orang dewasa usia lanjut di U.S. Cardiovascular Health Study. Peneliti mengambil sampel darah mereka setelah mengonsumsi asam lemak omega-3 dari ikan laut selama enam tahun dan tujuh tahun setelahnya.

Hasilnya, orang yang mengonsumsi lebih banyak ikan setiap harinya mampu memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3 dan terbukti lebih sehat dan panjang umur daripada mereka yang tidak makan ikan laut sama sekali.

Jadi, boleh dong jika mulai sekarang lebih rajin mengonsumsi makanan sehat, seperti makan ikan laut lebih banyak. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement