Rabu 21 Aug 2019 12:35 WIB

Komposisi Makan Orang Dewasa dan Anak-anak yang Tepat Menurut Ahli Gizi

Saat ini menyajikan makanan bergizi dan sehat sangat jarang dilakukan.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Foto: muhealth.org
Foto: muhealth.org

Di tengah gaya hidup yang serba instan dan cepat, menyajikan makanan bergizi dan sehat sangat jarang dilakukan. Padahal untuk menunjang kesehatan, mengonsumsi makanan sehat menjadi kebutuhan pokok setiap manusia.

Ahli gizi, Rita Ramayulis DCN. M.Kes. menjelaskan, makanan itu selain enak juga harus disesuaikan komponennya dengan kebutuhan tubuh terutama untuk anak-anak. 

“Kalau anak tidak suka makan biasanya karena masakan ibunya yang kurang enak. Tapi jangan sampai enaknya jadi keblablasan, sehingga  komposisinya jadi lebih enggak pas”, ujar Rita Ramayulis dalam acara Cerita Rasa di kawasan Kramat Pela, Jakarta Selatan, Rabu (24/7). 

Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Menurut Rita, kompisisi makanan bergizi untuk orang dewasa terdiri dari empat kelompok, sedangkan anak-anak harus terdiri dari lima kelompok. Yakni, karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur mayur, produk olahan susu, serta buah-buahan. 

“Kalau isi piring orang dewasa ada empat kelompok makan dan anak harus lima kelompok karena disitulah akan terpenuhi gizinya,” tuturnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement