Selasa 20 Aug 2019 15:29 WIB

Indonesia Tampilkan Busana Pengantin Bali di ASEAN Week

Indonesia melalui KBRI Yangon menampilkan busana pengantin Bali ASEAN Week

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: KBRI Yangon
Foto: KBRI Yangon

Indonesia melalui KBRI Yangon menampilkan busana pengantin Bali ASEAN Week yang bertemakan "Colorful Threads, Diverse Patterns, One ASEAN". ASEAN Week ini diselenggarakan kedutan Besar Negara-Negara Anggota ASEAN tanggal 12-18 Agustus 2019 di Junction City, Yangon.

Duta Besar RI untuk Myanmar, Prof. Dr. Iza Fadri dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Jumat (16/8) mengatakan, alasan memilih busana Bali karena pakaian tersebut didominasi warna emas sehingga menarik perhatian pengunjung, terutama masyarakat Myanmar yang sangat menyukai warna keemasan.

Indonesia Tampilkan Busana Pengantin Bali di ASEAN Week
Foto: KBRI Yangon

"Myanmar pun dikenal dengan sebutan The Land of Gold. Di masa lalu, pakaian pengantin tersebut hanya dikenakan bangsawan Bali, tetapi kini umum dikenakan oleh pasangan mempelai Bali," ujar Iza.

Iza mengatakan, pakaian tradisional Bali memiliki nilai filosofis yang berasal dari ajaran Sang Hyang Widhi, yang dipercaya pemeluk agama Hindu di Bali memberikan sukacita dan kedamaian.

Baca Juga: Pergelaran Busana Nusantara Hadir dalam Forum Halbil Raja dan Sultan Nusantara

"Selain menunjukkan rasa hormat kepada Sang Pencipta, pakaian tradisional Bali juga merupakan bentuk penghormatan dari tuan rumah kepada para tamu, mengingat mereka akan merasa terhormat jika tuan rumah menyambut mereka dengan berpakaian rapi dan indah," kata Iza.

Indonesia Tampilkan Busana Pengantin Bali di ASEAN Week
Foto: KBRI Yangon

Sementara itu, Menteri Kerjasama Internasional Republik Uni Myanmar, U Kyaw Tin hadir selaku tamu kehormatan. Dalam sambutannya, U Kyaw Tin menekankan bahwa beragamnya kekayaan dan kebudayaan yang dimiliki ASEAN merupakan aset yang sangat berharga.

"Di balik beragam perbedaan tersebut, ASEAN merupakan satu kesatuan, yang selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakatnya," kata Kyaw Tin.

Hal senada juga ditekankan oleh Duta Besar Brunei Darussalam untuk Myanmar, Dato Paduka Hj Abdu'r Rahmani Dato Paduka Hj Basir, yang mewakil para Duta Besar negara-negara Anggota ASEAN untuk Myanmar.

BACA JUGA: Cek EKONOMI & BISNIS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement