Selasa 13 Aug 2019 14:52 WIB

RS UI Buka Layanan Katerisasi Jantung Berteknologi Tinggi

RS UI buka layanan Cath Lab atau laboratorium katerisasi jantung berteknologi tinggi

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih
Penyakit jantung/ilustrasi
Foto: Wikipedia
Penyakit jantung/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) secara resmi membuka Layanan Cath Lab atau Laboratorium Kateterisasi Jantung berteknologi tinggi. Pembukaan Cath Lab sebagai bentuk layanan unggulan dalam bidang Neuro Kardiovaskular.

Direktur Utama RS UI Julianto Witjaksono menjelaskan, Cath Lab atau Laboratorium Kateterisasi Jantung merupakan layanan tindakan medis diagnostik invasif menggunakan sinar X. Metode ini berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung atau koroner.

Baca Juga

Selain untuk melihat kasus penyakit jantung dan pembuluh darah, Cath Lab juga digunakan dalam penanganan kasus penyakit saraf seperti strok maupun kasus radiologi dan onkologi.

Menurut Julianto, Cath Lab RS UI turut mendukung para dokter spesialis jantung untuk dapat mengetahui jenis tindakan yang sesuai bagi pasien. Baik berupa tindakan pemasangan ring jantung, intervensi dengan balon, atau tindakan operasi bypass.

"Diharapkan dengan dibukanya layanan Cath Lab yang merupakan salah satu fasilitas unggulan di Rumah Sakit ini. Masyarakat dapat merasakan manfaat dan keunggulan alat tersebut sebagai alat diagnostik sekaligus terapi pada kelainan jantung dan pembuluh darah," kata Julianto ketika peresmian di RS UI Depok, Selasa (13/8).

Dia menambahkan, ada keunggulan lain Cath Lab RS UI pada bidang Jantung dan Pembuluh Darah. Pertama, Cath Lab menggunakan sistem Clarity IQ yang merupakan versi tercanggih yang dapat menghasilkan image quality terbaik dengan menggunakan dosis radiasi paling rendah sehingga aman bagi pasien.

Kedua, Cath Lab juga menampilkan hasil gambaran tiga dimensi pembuluh darah pada jantung. Hasil dilengkapi fitur Expert Swing yang mampu memperlihatkan posisi jantung dan pembuluh darah dari berbagai arah secara detail. Fitur ini dapat meminimalisir penggunaan kontras dan dosis radiasi sehingga lebih nyaman bagi pasien.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS UI Dian Zamroni berharap dengan diluncurkannya layanan Cath Lab, RS UI dapat mengoptimalkan pelayanan terbaik bagi pasien-pasien dengan kasus jantung. Selain itu, RSUI juga akan turut berperan serta dalam menekan angka kematian akibat penyakit jantung koroner yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia maupun di dunia.

"Ini juga artinya RS UI siap menjadi rumah sakit layanan rujukan bagi jejaring FKTP dan rumah sakit lainnya di area Depok dan sekitarnya untuk berbagai kasus, terutama yang berkaitan dengan neuro kardiovaskular," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement