Senin 12 Aug 2019 07:13 WIB

Turis Singapura Nikmati Paket Wisata Idul Adha di Padang

Turis Singapura ikut berkurban dan menyembelih hewan kurbannya di Padang.

Foto udara sejumlah umat muslim melaksanakan salat Idul Adha, di pelataran parkir Masjid Baiturrahmah, Padang, Sumatera Barat, Minggu (11/8)
Foto: Iggoy El Fitra/Antara
Foto udara sejumlah umat muslim melaksanakan salat Idul Adha, di pelataran parkir Masjid Baiturrahmah, Padang, Sumatera Barat, Minggu (11/8)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wisatawan asal Singapura senang bisa terlibat langsung dalam prosesi penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1440 Hijiriah di Kota Padang, Sumatra Barat. Mereka mendapati aktivitas keagamaan ini sebagai pengalaman yang amat menarik baginya.

Pimpinan rombongan wisatawan Singapura, Syah Ibrahim, menjelaskan Singapura sebetulnya juga memperingati Hari Raya Haji dengan berkurban. Tetapi, Muslim di sana berhadapan dengan peraturan yang ketat soal penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga

"Di sini, peserta bisa ikut dalam prosesi bahkan bisa ikut menyembelih. Ini pengalaman yang sangat menyenangkan," kata Ibrahim di Padang, Ahad.

Selain itu, menurut Ibrahim, daging dari hewan kurban tersebut benar-benar bisa dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan, salah satunya anak-anak dari panti asuhan. Hewan kurban itu juga dikirimkan untuk Muslim di Mentawai.

"Kami sangat menyukuri itu," katanya.

Kepulauan Mentawai adalah gugusan pulau-pulau yang secara geografis terletak di Samudera Hindia dan secara administratif masuk ke dalam Provinsi Sumbar. Namun, penduduk asli Mentawai mempunyai kebudayaan yang berbeda dengan penduduk Minangkabau karena terpisah oleh laut.

Pemilik perusahaan perjalanan wisata Ero Tour yang menggagas paket wisata kurban itu, Ian Hanafiah, mengatakan bahwa sebagian besar peserta wisata ikut berkurban. Ada juga keluarga mereka yang tidak bisa ikut, tetapi menitipkan dana untuk berkurban di Padang.

"Total ada enam sapi dan 25 ekor kambing yang dikurbankan oleh wisatawan Muslim Singapura ini," katanya.

Selain berkurban, sebanyak 35 orang wisatawan Singapura itu juga sepakat membantu Panti Asuhan Khusus Anak Mentawai, Kelurahan Gurun Laweh Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung. Bantuan itu berupa dipan tempat tidur lengkap dengan kasur dan bantal serta bangunan untuk belajar dengan total bantuan sekitar Rp 90 juta.

"Kami berharap wisata kurban ini akan bisa menjadi agenda rutin kerja sama dengan agen perjalanan wisata di Singapura," katanya.

Sekitar 15 tahun lalu, menurut Ian, paket wisata yang sama pernah juga dilaksanakan. Bahkan jumlah hewan kurban dari wisatawan itu mencapai 150 ekor. Namun, penerbangan langsung Padang-Singapura yang tidak ada lagi menjadi kendala tersendiri.

"Peserta terpaksa harus lewat Batam, namun antusiasmenya ternyata tidak menurun," kata dia.

Ketua Pengurus Masjid Ar Raudhah, Gunung Pangilun, Firdaus Ilyas menyebut masyarakat sangat mendukung kegiatan itu. Warga menganggap wisatawan Singapura itu sebagai tamu. Masyarakat bahkan secara swadaya menyiapkan sajian kudapan khas daerah untuk menjamu tamu dari Negeri Singa itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement